Uncategorized

Workshop Penyampaian Hasil Monev Terpadu Paud HI Tahun 2020

Waikabubak. Pada hari Selasa, tanggal 20 Oktober 2020, diadakan Workshop oleh Save The Children dan Stimulant Institute yang melakukan Kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat (Tim Pawwoda Kabupaten dan Satgas Covid-19 Kabupaten) di aula Kantor Bupati Sumba Barat.

Kegiatan Workshop ini bertujuan melihat hasil dari Monitoring dan Evaluasi yang telah dilakukan oleh Tim yang dibentuk yang terdiri dari beberapa wakil OPD untuk mengevaluasi kegiatan PAUD HI, termasuk Posyandu dan BKB (Bina Keluarga Balita).

Kegiatan dibuka Oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Barat, Tituz Liurai, S.Sos, Sumba Fied Manager  Save The Children, David Wala,  dan Direktur Perkumpulan Stimulant Institute, Stepanus Makambombu dan sebagai moderator adalah Kepala BPBD, Ir. Yanis Eklemens Luther Chr. Loebaloe.

Direktur Stimulant Institute dalam sambutannya ada 50% desa yang terjangkau Monitoring dan Evaluasi saat ini. Hal ini demi mengetahui perkembangan kesehatan dan pendidikan masyarakat desa.

Sedangkan Direktur Save The Children mengatakan poin penting dari PAUD HI ini adalah prosesnya berjalan dengan sangat ideal dan dikerjakan langsung oleh stakeholder di desa.

Pada sambutan yang dibawakan oleh Ketua Bappeda, Titus Diaz Liurai, S. Sos, yang sekaligus membuka kegiatan Workshop tersebut, mengatakan Monitoring dan Evaluasi yang baik itu seperti apa, itulah yang Pemerintah Daerah perlu pelajari daripada NGO sebagai masukan yang berarti. Mantan Kepala BKPP ini mengatakan monitoring terpadu atau bersama  perlu dilakukan supaya tidak ada saling menyalahkan. Beliau melanjutkan bahwa sejak Tahun 2016 Pemerintah sudah melakukan PAUD HI ini. Dengan Monitoring dan Evaluasi ini akan menjadi acuan untuk perbaikan kegiatan kedepan.

Ir. Yanis Lubalu, M.Si, sebagai moderator mengatakan bahwa Monev ini dilakukan karena PAUD HI sudah ada sejak 2016. Terdapat 22 PAUD HI sejak 2016 sampai 2020. Sedangkan Monev baru dilakukan pada tahun 2019. Menurut beliau PAUD HI perlu pendampingan agar lebih baik dan efektif.

Hadir dalam Workshop tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Barat, Titus Diaz Liurai, S.Sos, Kepala BPBD Kabupaten Sumba Barat, , Ir. Yanis Eklemens Luther Chr. Loebaloe Sumba Field Manager Save The Children, David Wala, Direktur Perkumpulan Stimulant Institute,  Stepanus Makambombu, para Kepala OPD, dan para anggota Tim Monev PAUD HI 2020 Kabupaten Sumba Barat.

VS-Redaksi-DKIPS

Bagikan Informasi Ini

Rapat Evaluasi Pjs. Bupati Sumba Barat Bersama Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, dan Pejabat Eselon III Lingkup Pemda Kabupaten Sumba Barat

Waikabubak –  Pjs. Bupati Sumba Barat, Drs. Semuel. D. Pakereng, M.Si, selesai Upacara Kesadaran Senin, 19 Oktober 2020 mengadakan Rapat Evaluasi bersama Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, dan Pejabat Eselon III. Dalam rapat tersebut dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah. Yang pertama mengenai anggaran, menurut Pjs. Bupati masih banyak yang belum direalisasikan, maka harus segera diselesaikan secepatnya.

Kedua, Pjs. Bupati menekankan kembali tentang netralitas ASN dalam Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 mendatang. ASN tentu boleh mendukung salah satu calon, tetapi harus tahu aturan dan      undang-undang sehingga tidak melanggar aturan dan berakibat kurang baik bagi ASN tersebut.

Ketiga, Pjs. Bupati mengatakan agar setiap Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Barat menyiapkan RKA, agar awal November bisa diserahkan kepada DPR . Diharapkan Sekretaris, Kepala Bagian, Kepala Bidang dapat membantu Kepala Dinas/Badan dalam menyelesaikan hal ini.

Selanjutnya, Pjs. Bupati mengatakan masih melihat bahwa protokol kesehatan masih kurang perhatian dari masyarakat, seperti masih ada perkumpulan-perkumpulan akan tetapi masih ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan lain-lain. Untuk itu, Pjs. Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa kita boleh saja hadir dalam acara-acara pesta atau kumpul keluarga, perkumpulan dan keramaian, tapi kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang seperti Pemerintah anjurkan, ini semua demi kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Pjs. Bupati juga mengapresiasi kepada beberapa Kepala Dinas yang punya lahan kebun dan ternak, Pjs. Bupati mengharapkan semua Kepala Dinas/Badan bisa mempunyai lahan kebun serta ternak, serta mengajak ASN dan masyarakat untuk ikut serta dalam mensukseskan Program Gerakan Tanam Jagung. Sedangkan mengenai Gerakan Peduli Sampah yang dicanangkan oleh Pjs. Bupati, Beliau menceritakan bahwa ada masyarakat yang mengatakan bahwa pagi dibersihkan, siang atau sore sudah kotor lagi. Oleh karena itu, Pjs. Bupati tetap mengharapkan bahwa kita tetap harus membersihkan sampah yang datang lagi itu, agar Kabupaten Sumba Barat benar-benar terbebas dari sampah.

=== red.dkips_sb ===

Bagikan Informasi Ini

Bimbingan Rohani ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat

Waikabubak, 15/10/2020 – Bertempat di Aula Kantor Bupati Sumba Barat, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mengadakan Bimbingan Rohani bagi para ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat. Bimbingan Rohani tersebut dibawakan oleh Yang Mutabir Pendeta Nanda M. Weru, S.Th. Bimbingan rohani kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom yang di ikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat masing-masing di tempat. Setelah Pendeta Nanda memberi khotbah, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Pjs. Bupati Sumba Barat, Drs. Semuel D. Pakereng, M.Si.

Pjs. Bupati menyampaikan bahwa kehadiran Pendeta Nanda dalam rangka memberikan siraman rohani bagi ASN untuk melengkapi kita dalam menjalankan tugas agar ASN memiliki mental, sikap serta perilaku yang baik dan benar serta bertanggung jawab. Pembinaan ASN melalui Bimbingan Rohani menjadi prioritas agar bisa meningkatkan kualitas kerja, disiplin serta etos kerja dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Persoalan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Sumba Barat termasuk ASN banyak yang belum mengerti makna kebenaran, bicara tentang kebenaran tetapi tidak hidup dalam kebenaran. Banyak yang pintar, tapi tidak berhikmat, sehingga berdampak negatif pada sikap dan perilaku serta budaya kerja ASN. Bimbingan Rohani menjadi wadah bagi ASN untuk menjernihkan pikiran, hati ASN agar memiliki jiwa yang sehat sehingga dalam bekerja bisa menjaga relasi yang baik dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia dan lingkungan hidup.

Beliau mengatakan, jangan bicara kemajuan bila kita masih hidup dalam permusuhan, ASN harus mampu menjaga kebersamaan, meningkatkan solidaritas serta menjaga kekompakan kerja. Pjs. Bupati menghimbau agar jangan bosan mengikuti bimbingan rohani. Jalani pekerjaan sebagai ibadah dengan integritas, loyalitas dan pengorbanan. Bergandengantangan untuk memajukan Sumba Barat yang kita cintai ini, dukung program Pemerintah agar terjadi perubahan bagi diri kita dan bagi Sumba Barat secara nyata.

Beliau berharap dengan pembinaan rohani ini akan dapat merubah perilaku kerja yang buruk menjadi berubah dan menumbuhkan semangat kerja, ketekunan, kejujuran, keikhlasan, kedisiplinan, kerjasama dan motivasi serta berprestasi. Dengan demikian ASN akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan professional, jujur, adil dan merata.

Hadir dalam Bimbingan Rohani tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Para Staf Ahli dan Asisten, Para Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja serta para ASN.

=== red.dkips_sb ===

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Hadiri Malam Promosi Sumba di Jakarta

JAKARTA_ 22 November 2019 Bertempat di Bellagio Boutiq Mall Room Mega Kuningan Jakarta, Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri acara Malam Promosi Sumba (Direct Promotion Sumba Night).

Didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah, Kabag Ekonomi, Kabag Humas dan Protokol, Sekretaris Dinas Koperasi, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Kabid. IPW pada Bappeda Kabupaten Sumba Barat, Bupati Dapawole menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Malam Promosi Sumba pada hari ini.

“Kegiatan malam promosi sumba memiliki arti penting dan strategis dalam upaya menjaga dan melestarikan sekaligus mempromosikan budaya sumba barat pada level nasional maupun internasional dengan memperkenalkan produk wisata, destinasi dan even budaya lainnya”, ujar Dapawole.

“Kita hendak menunjukkan ke pentas Nasional maupun Internasional bahwa Sumba Barat memiliki Pesona wisata yang sangat menarik dengan Rumah Adat yg unik, Ritual adat, obyek wisata alam, kuliner khas sumba, dan keindahan alam lainnya”, lanjutnya.

Dapawole juga mengatakan Malam Promosi Sumba bukan saja menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh masyarakat sumba barat dimana saja berada dengan membuka jaringan antar institusi, pelaku bisnis industri kesenian dan pariwisata serta pemerhati Sumba Barat dan masyarakat secara umum.

Pada kesempatan ini Bupati Dapawole menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dan seluruh masyarakat Sumba Barat telah berkomitmen untuk terus berjuang dan berupaya menjadikan Sumba Barat sebagai daerah baru tujuan wisata hingga menjadi masa depan pariwisata nasional.

Dapawole berharap Pesona Sumba Barat akan membuka peluang bisnis sektor pariwisata di Indonesia dan Sumba khususnya.
“KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI, KALAU BUKAN SEKARANG KAPAN LAGI”, ucap Bupati Dapawole mengakhiri sambutannya.

Acara Malam Promosi Sumba yang digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat diawali dengan tarian kataga dan pemutaran Profil Pariwisata Sumba Barat.

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Perwakilan Kedutaan Malaysia, Kedubes Cina, Pengurus ASITA Nasional, Pelaku wisata tingkat Nasional, Para Investor bidang Pariwisata, pemilik hotel, Restoran, rumah makan, agent travel, LSM dan Insan Pers.

Hadir pula dalam acara ini Pemilik Hotel Nihi Sumba Mr. Claude sebagai pelaku Pariwisata serta memberikan informasi tentang pembangunan dan perkembangan pariwisata di Sumba Barat.

Dengan mengambil tema the Land of Inspiration acara malam promosi sumba menampilkan berbagai promosi dan produk tenun sumba, foto2 obyek wisata yang dipajang dan dijual dalam acara tersebut.
(RDjS)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini