Batu Kubur

Bagi Masyarakat Sumba Barat batu kubur Megalitik merupakan warisan leluhur yang harus dipelihara dan diperhatikan.

Rumah adat dan batu kubur adalah salah satu paket yang tidak terpisahkan, rumah sebagai tempat tinggal yang masih hidup dan batu kubur sebagai tempat tinggal yang telah meninggal. Batu kubur selalu dibuat besar dan megah, selain sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur sekaligus sebagai cerminan kebesaran dan kebangsawanan pemiliknya.

Kuburan Megalitik mudah ditemukan baik dihalaman rumah warga maupun di setiap perkampungan adat.Bangunan megalitik Sumba Barat umumnya berupa kubur batu yang dihiasi arca dan relief – relief menarik karena percaya dengan konsep kehidupan setelah mati, orang sumba tak pernah bisa jauh  dari kerabat yang telah meninggal dan untuk menjaga kedekatan itu mendirikan batu kubur tepat di depan rumah- rumah mereka. Rumah adat dan batu kubur adalah satu paket yang takterpisahkan, rumah sebagai tempat tinggal yang masih hidup dan batu kubur sebagai tempat tinggal yang telah almarhum. Batu kubur selalu dibuat besar dan megah, selain sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur sekaligus sebagai cerminan kebesaran dan kebangsawanan pemiliknya, jadi semacam symbol status.

Berdasarkanbentuktinggalanmagalitik di Sumba Barat dapatdibedakanmenjadienamjenisyaitu :

  1. WatuPawa’i

Batukuburbesarberupamejabatu (dolmen) yang ditopang oleh beberapabatubulat yang berfungsisebagai kaki ataupenyangga. WatuPawa’iada yang berkakienam, berkakiempatbahkanada pula yang berkakibanyak. Biasanyamenjadikuburan raja – raja dan golonganbangsawan. Akan tetapiwatupawa’iinitidakselalumenjadikuburan, ada juga yang dibangunhanyasebagai monument agung, yang berfungsi sebagai kuburan biasanya dilengkapi batu kubur berukuran lebih kecil yang ditempat persis di bawah Watu Pawa’i.

  1. Watu Kuoba

Berupa batu utuh yang dipahat membentuk peti dengan lempengan  batu lebar sebagai penutup. Batu jenis ini ada yang berhias dan ada pula yang tidak.Pola hiasnya lebih sederhana dan terletak pada bagian peti batu. Umumnya dipakai sebagai golongan menegah dan keluarganya.

  1. Koro Watu

Batu kubur jenis ini terbentuk dari 6 lempengan batu yang disusun menjadi peti     batu, satu sebagai dasar, satu sebagai penutup dan empat lainnya diletakkan di masing – masing sisi. Koru Watu biasanya langsung diletakkan di atas tanah tanpa perlengkapan lainnya.

  1. Kuru Kata

Varian lain dari Koro Watu dengan dua lempeng penutup bagian atas yang ditumpuk menjadi satu.

  1. Watumanyoba

Bentuknya sederhana, hanya berupa lempengan batu tanpa kaki yang langsung diletakkan di tanah. Ada beragam model Watumanyoba : lempengan segi empat, persegi panjang, bulat telur dan lainnya.

Watumanyoba umumnya digunakan sebagai kuburan para hamba, sehingga seringkali ditemukan bersisian dengan kuburan para raja.

  1. Kaduwatu

Batu tegak lurus (Penji) berhias beragam ukiran. Biasanya merupakan pasangan batu kubur lain, terutama dari Watu Pawa’i. Berfungsi sebagai penanda arah kepala atau kaki si mayat sekaligus sebagai symbol bangsawan.

Adapun pola hias bangunan megalitikum di Sumba Barat umumnya berupa pahatan tiga dimensi berbentuk arca dan pahatan dua dimensi berbentuk relief. Perkembangan bentuk pola hias megalitik Sumba sangat dipengaruhi oleh kepercayaan religious serta status pemiliknya. Sifat kehalusan dan kebijaksanaan seorang bangsawan biasanya dipahat dengan symbol hewan atau benda alam seperti bulan dan bintang. Sementara sifat keagungan dan kebesarannya disimbol dengan benda – benda seperti tombak, parang, pedang serta serta bermacam ragam perhiasan. Hewan piaraan yang mereka miliki juga menjadi sumber inspirasi. Semakin kaya seorang raja, semakin megah pula ukiran ukiran yang menghiasi batu kuburnya. Pengaruh lingkungan juga munculdalam pola hias, berupa pahatan – pahatan yang berkaitan dengan kehidupan satwa seperti kakatua, kerbau, anjing, kuda, ikan, kadal dan buaya.

Tidaksemuabatukuburbolehataudapatdigunakanuntukmenguburkankeluarga yang meninggal. Dalamadatistiadatsetempat, adasebutanbatukuburPemali. BatuituBerkakiempat dan memiliki ornament, model batukubursepertiinitidaksembarangmenguburkankeluargameninggal, kecualikepalaadat, raja ataubangsawan.

Bagikan Informasi Ini

Gallery