Month: May 2019

Bupati Sumba Barat Melayat ke Rumah Duka Almarhum Bupati Ende

ENDE_ Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole bersama sejumlah Bupati dan Wakil Bupati se-NTT melayat jenazah Almarhum Bupati Ende, Ir. Marselinus Y. W. Petu di Rumah Duka, Jl. Rambutan- Ende,Selasa (27/05).

Almarhum Ir. Marsel adalah Bupati Ende selama dua periode yang baru saja memasuki masa jabatan di periode kedua setelah dilantik oleh Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat pada April 2019 lalu.

Almarhum meninggal dunia pada hari Minggu (26/5) dini hari sekitar pukul 02.30 WITA di Rumah Sakit Siloam Kupang.

Setelah sempat disemayamkan di rumah Bapak Kasimirus Kolo,anggota DPRD Provinsi NTT, yang tidak lain adalah keluarga dekat Almarhum, di Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo,Kota Kupang,jenazah diberangkatkan pada hari Senin(27/5) menuju Ende melalui Bandar Udara El Tari Kupang.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumba Barat,kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum. Kami berdoa agar seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan penghiburan dalam menghadapi peristiwa iman ini”,kata Bupati Dapawole ketika melayat di Rumah Duka malam ini.

Lanjut Dapawole,terpilih selama dua periode tentunya menggambarkan bahwa beliau dicintai oleh masyarakat Kabupaten Ende dan kepergian beliau adalah kehilangan besar bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Rencananya Almarhum akan dimakamkan besok (29/05) di Pekuburan Katolik Paroki St. Yosep Onekore,Ende. Almarhum akan disemayamkan di Kantor Bupati Ende dan diadakan Misa Requiem (Misa Arwah) sebelum dilakukan pemakaman secara kedinasan. Upacara Pemakaman akan dihadiri oleh Gubernur NTT yang bertindak selaku Inspektur Upacara beserta seluruh Bupati dan Wakil Bupati se-NTT,para Pejabat maupun masyarakat.

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Hadiri Penyerahan Bantuan Kepada Siswa Siswi SMP di Lamboya

WAIKABUBAK_ Penyerahan Bantuan berupa 112 pasang sepatu sekolah pada Siswa Siswi SMP Negeri 3 Lamboya dan 180 pasang sepatu kepada siswa siswi SMP Negeri 7 Lamboya dilakukan atas inisiatif tamu Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor B. Laiskodat yang berkeliling NTT sambil memberikan bantuan bagi anak-anak sekolah. Senin, (27/05).

Mr. Richard Orthmann (Swiss), Madame Sansanee (Thailand) dan Mr. Dominik Burri (Swiss) yang dalam kunjungannya ke Sumba Barat ditemani Ibu Poppy, Ibu Tari, Ibu Reni dan Bapak Jonathan mengatakan bahwa mereka berkunjung ke NTT atas undangan Gubernur NTT untuk melihat-lihat NTT dan mereka merasa tertarik dengan keindahan dan kekayaan alam NTT khususnya pesona pulau Sumba.

Di Sumba Barat mereka menemukan banyak anak-anak luar biasa yang begitu bersemangat bersekolah walaupun dalam keterbatasan. Karena itu mereka berinisiatif untuk memberikan hadiah sebagai penyemangat bagi anak-anak tersebut.

Diterima oleh Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat, Camat Lamboya, Kapolsek Lamboya, Pejabat yang mewakili Danramil Lamboya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumba Barat, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Lamboya beserta staf Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat dan para guru, menyambut baik kunjungan para donatur ke Sumba Barat khususnya di SMP Negeri 3 Lamboya.

Melihat antusiasnya siswa siswi penerima bantuan tersebut, Bupati Dapawole merasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian para donatur kepada pendidikan di Sumba Barat.

“Luar biasa antusiasnya anak-anak kami hari ini akan kunjungan kasih ini dan semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi penyemangat anak-anak untuk rajin ke sekolah. Hanya dengan pendidikan yang baik maka masa depan anak-anak ini dapat menjadi cerah. Kami terus berupaya agar seluruh anak-anak dapat mengenyam pendidikan yang baik, kalau perlu kami dorong tiap anak agar sampai ke jenjang sarjana”, ungkap Dapawole.

Ibu Reni selaku pendamping para donatur menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut ke sekolah-sekolah di pelosok yang sangat membutuhkan. Kedepannya mereka akan mengupayakan membangun perpustakaan sekolah melalui bantuan buku-buku dan mendorong peran Pemerintah di tingkat yang lebih tinggi untuk ambil bagian dalam upaya tersebut.

“Selaku Kepala Sekolah, saya merasa bahagia dan bersyukur atas kunjungan dan bantuan dari para donatur. Saya mengharapkan bantuan ini dapat memotivasi siswa siswi di sekolah ini untuk terus giat belajar” ucap Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Lamboya, Jhony Habba Rita.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Dapawole mengharapkan agar kunjungan para donatur kali ini dapat memberikan dampak pula bagi promosi pariwisata Sumba Barat.

“Kita patut bersyukur apabila ada orang yang mau membangun Sumba Barat khususnya di sektor pariwisata. Apabila sektor ini sudah berkembang maka perekonomian pun akan berkembang, penyerapan tenaga kerja lokal akan terjadi dan masyarakat sekitar akan mendapat manfaatnya”, kata Dapawole.

“Untuk itu kita dorong anak-anak kita untuk mendapatkan pendidikan yang baik juga belajar bahasa asing sehingga apabila pariwisata di Sumba Barat semakin maju, maka anak-anak kitalah yang akan mendapatkan pekerjaan di bidang ini”, lanjut Dapawole mengakhiri arahannya.
(Rensy)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Sumba Barat tinjau Akreditasi UPT Puskesmas Weekarou

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole melakukan peninjauan pelaksanaan Akreditasi UPT. Puskesmas Weekarou. Senin (27/05)

Bupati Sumba Barat didampingi Kabag Humas dan Protokol, Ridho Djama Samani, SKM, M.Sc diterima oleh Kepala UPT. Puskesmas Weekarou.

Sebelum bertemu dengan Tim Akreditasi, beliau menyempatkan diri menyapa pasien yang sedang menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan. Para pasien menyampaikan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh UPT. Puskesmas Weekarou sudah baik dan fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap seperti laboratorium, KIA, Poli Gigi, Poli Umum hingga rawat inap. Warga sekitar tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan medis.

Setelah menyapa pasien, Bupati Dapawole melanjutkan berkeliling Puskesmas dan berdialog dengan Tim Akreditasi, Kepala UPT. Puskesmas Weekarou, para dokter, bidan dan staf.

“Saya mengharapkan akreditasi ini dapat memacu perbaikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Weekarou bukan hanya saat ini tetapi juga keberlanjutan di masa mendatang” ujar Dapawole.

Tujuan utama dari akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko. Penilaian yang dilakukan tentunya untuk dapat mengetahui standar pelayanan kesehatan yang ada pada Puskesmas tersebut sehingga kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu dapat tercapai.

Pada akhir arahannya Bupati Dapawole mengharapkan kerja keras dan kerja sama dari semua pihak yang terlibat dalam akreditasi Puskesmas agar nantinya masyarakat mendapatkan pelayanan yang optimal.
(Rensy)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Wabup Toni Hadiri Rapat Paripurna III DPRD Kabupaten Sumba Barat

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP menghadiri Rapat Paripurna III pada Masa Persidangan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumba Barat bertempat di ruang rapat lantai 2 Kantor DPRD Kabupaten Sumba Barat, Jumat, (24/05).

Rapat dibuka yang dengan resmi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Gregorius H. B. L. Pandango, SE dihadiri Wakil Ketua dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah, dan para Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Adapun agenda Rapat yaitu :
1. Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda Budaya Hidup Hemat dan Ranperda Perubahan Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Sumba Barat Tahun 2016 – 2021;
2. Penyampaian Laporan hasil kunjungan kerja DPRD Kabupaten Sumba Barat terkait APBD Tahun 2019.

Selanjutnya dilaksanakan Rapat Paripurna IV pada hari yang sama, pukul : 19.00 WITA dengan agenda rapat yaitu jawaban Pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi dan laporan hasil kunjungan kerja DPRD Kabupaten Sumba Barat.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini