Day: May 9, 2019

Sekda Sumba Barat : ASN Jangan Ikut Sebarkan Hoaxs

_Waikabubak – Humas SB_

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Barat, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) jangan ikutan menyebar berita hoaxs. Hal itu disampaikan Sekda Umbu Dingu saat membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan

(Diklat) Jurnalistik di Aula Hotel Ronita Waikabubak, Kamis, 9 Mei 2019.

Diklat yang diinisiasi oleh Humas dan Protokol pada Setda Kabupaten Sumba Barat ini diikuti 20 orang peserta dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Kabupaten Sumba Barat. Narasumber pada kegiatan Diklat tersebut adalah Igo Kleden dari Media Paradiso – Bali dan Arnold Dhae yang merupakan wartawan senior pada SK Media Indonesia wilayah Bali.

Umbu Dingu Dedi mengatakan, menjadi jurnalis itu tidak mudah. Oleh sebab itu pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihan ini. “Pada era digitalisasi ini, informasi begitu mudah kita peroleh. Semudah kita membaginya kepada orang lain melalui media sosial yang ada, seperti facebook,

twitter, whatsapp, website dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sekda berpesan kepada seluruh peserta Diklat untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan alias hoaxs. “Kita harus bijak menggunakan sarana informasi yang ada. Ketika ingin berbagi informasi, pastikan bahwa informasi yang akan kita bagikan berlandaskan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Begitu juga sebaliknya ketika kita memperoleh sebuah informasi harus benar-benar dianalisa, diteliti apakah sumber data tersebut benar adanya atau hanya sekedar berita bohong atau hoax,” ujarnya.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokol, Ridho Djama Samani mengatakan, tujuan dilaksanakannya Diklat ini adalah untuk memberikan wawasan kepada peserta sehingga pada sebuah penulisan berita dapat memberi informasi yang benar kepada masyarakat. Selain itu, ASN dari berbagai OPD bisa menulis berbagai kegiatan yang ada di OPD masing-masing dengan memenuhi standar jurnalistik. Berita itu nantinya akan ditayangkan di website resmi milik Pemkab Sumba Barat. Pembukaan diklat ini ditandai dengan pengetukan palu sebanyak 5 (lima) kali oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat. (Fika)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini