Month: August 2019

Bupati Sumba Barat Hadiri Rakor Bersama Garuda di Bali

BALI_ Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak Garuda Indonesia yang berlangsung di Starbucks Dewata Bali pada Rabu, 28 Agustus 2019.

Rakor ini khusus membahas bagaimana upaya agar Garuda Indonesia kembali terbang ke Pulau Sumba. Selain Bupati Sumba Barat hadir juga Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M. Si dan juga Bupati terpilih Sumba Barat Daya, dr. Kornelis Kodi Mete. Keempat Bupati sepakat utk bersama sama mencari solusi agar Garuda kembali terbang ke Sumba.

Selain para Bupati se-Sumba hadir pula pada rapat koordinasi ini Ketua DPP ASITA, Nunung Rusmiati, Ketua DPD ASITA Bali, Ketut Ardana dan Ketua DPD ASITA NTT, Abed Frans dan sejumlah stakeholder pariwisata asal Sumba seperti Nihi Sumba Resort, Lelewatu Resort, Rua Beach Hotel, Sumba Explorer, Mario Hotel, Sumba Adventure Tour dan beberapa yang lainnya.

Sementara dari pihak Garuda hadir CEO Garuda Regional III, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Ngakan Septigraha.

Bupati Sumba Barat menegaskan bahwa Pemda Se-sumba mengharapkan agar Garuda kembali terbang ke Sumba. Kita akan cari solusi bersama bagaimanapun caranya. Masyarakat sumba sudah terlanjur jatuh cinta pada Garuda dan mereka sedih ketika garuda berhenti terbang ke Sumba pada April 2019 lalu, tegas Bupati Dapawole.

“Prinsipnya kita siap, garuda terbang secepatnya dan kita keempat Pemda akan support,” lanjut Bupati Dapawole.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Pemda Sumba Barat Terima Kunjungan Pemkot Magelang Provinsi Jawa Tengah

WAIKABUBAK_ Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat menerima kunjungan Pemerintah Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kunjungan kerja dan melakukan study banding terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan destinasi pariwisata.

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole didampingi anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan para Pimpinan Perangkat Daerah serta Ketua Tim Penggerak PKK menyambut dengan baik kedatangan Pemerintah Kota Magelang yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Magelang Drs. Joko Budiono, MM bersama rombongan sebanyak 46 orang pada acara Gala Dinner bertempat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat. Senin, (26/08).

Bupati Dapawole mengucapkan selamat datang dan terimakasih karena sudah memilih Kabupaten Sumba Barat diantara sekian banyak kabupaten di Nusa Tenggara Timur ini, sebagai daerah kunjungan kerja dan study banding.

Bupati Dapawole kemudian memaparkan sekilas tentang gambaran umum Kabupaten Sumba Barat, yang kemudian ditayangkan melalui selayang pandang yang juga menceritakan tentang destinasi Pariwisata yang berada di Sumba Barat.

Sedangkan Sekda Joko Budiono mengatakan bahwa alasan terpilihnya Kabupaten Sumba Barat sebagai tempat melakukan study banding karena Sumba barat memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dan juga potensi sumber daya alam.

Budiono berharap ada kerjasama yang berkelanjutan di bidang pemberdayaan UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dan cideramata dari masing-masing daerah.

Selanjutnya keesokan harinya Selasa, 27 Agustus 2019 rombongan Pemkot Magelang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kasubag Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat melakukan kunjungan di Kampung Praiijing dan Air Terjun Lapopu.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Wabup Toni : Seorang Pemimpin Harus Menjadi Berkat Bagi Masyarakatnya

WAIKABUBAK_ “Seorang pemimpin harus menjadi berkat bagi masyarakatnya, jangan malah kita menggunakan kekuasaan untuk menguras masyarakat”.

Demikian penegasan Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP dalam sambutannya saat membuka kegiatan Uji Coba Tools dan Panduan Evaluasi APBDesa bertempat di Aula SMA Kristen Waikabubak. Selasa (27/08)

Wabup Toni kemudian mengecek kehadiran para Camat dan Kepala Desa dalam kegiatan tersebut, kemudian ia pun mengamati hasil penyerapan dana desa sampai dengan saat ini.

“Dalam penyerapan dana desa, kita harus mengambil prinsip Padat Karya Tunai, hal ini bertujuan agar kita dapat memanfaatkan tenaga kerja yang ada didesa, sehingga pemanfaatan dana tersebut bergulir di dalam desa itu sendiri dan nilai ekonomi masyarakat semakin meningkat”, ujar Toni.

Wabup Toni berharap agar dana desa tidak hanya terserap untuk pembangunan fisik saja tetapi juga untuk kegiatan kemanusiaan seperti peduli terhadap kaum disabilitas. “Kaum Disabilitas yaitu orang yang cacat dan berkebutuhan khusus, termasuk fakir miskin dan anak terlantar”, jelas Toni.

“Harus bersinergi antara pemerintah pusat, pemerintah propinsi, pemerintah kabupaten, pihak LSM/NGO, Camat dan kepala desa untuk tahun 2020, kita dapat menganggarkan rumah layak huni bagi fakir miskin, pencegahan dan penanganan stunting, literasi desa, dan pengembangan tanaman produktif (Kabota, Kelar) atau apa saja tanaman pangan lokal yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan ekonomi”, kata Toni.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, beberapa Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan LSM/NGO, Forum Peduli Difabel, para Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sumba Barat.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

BUPATI DAPAWOLE : TAHUN DEPAN PAMERAN PEMBANGUNAN DITIADAKAN

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menyatakan tahun depan kegiatan Pameran Pembangunan ditiadakan.

Hal ini disampaikan Bupati Dapawole pada acara Penutupan Pameran Pembangunan dan Malam Hiburan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 bertempat di Lapangan Gelora Pada Eweta. Senin, (26/08)

“Tiap tahun kita melaksanakan kegiatan ini, namun tiap tahun pula selalu ada tangan-tangan usil yang merusak keindahan,” kata Dapawole mengutarakan kekecewaannya.

Bupati Dapawole mengatakan pula bahwa mengingat tahun depan Kabupaten Sumba Barat akan melakukan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), oleh karenanya kita hindari hal-hal yang tidak diinginkan yang nantinya akan dihubungkan dengan muatan politik.

Pada kesempatan itu juga Bupati Dapawole mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semangat dan kerja keras kita sekalian mampu melaksanakan event yang besar ini dan kami sebagai pemimpin di daerah ini merasa bangga karena ketulusan dan rasa tanggung jawab yang besar dan telah berperan dalam menyuguhkan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah ini”, ujar Dapawole.

Dapawole mengatakan kegiatan pameran kali ini berjalan cukup baik dan sukses, ada peningkatan dari sisi acara maupun dari sisi penampilan dari masing-masing stand. “Walaupun ada insiden kebakaran pada malam minggu kemarin, untuk itu kita bersyukur semua masih dapat diatasi dan oleh karena itu saya minta maaf atas kejadian tersebut”, lanjutnya.

Akhir sambutannya, Bupati Dapawole mengapresiasi kepada yang meraih juara dan yang belum meraih juara janganlah berkecil hati dan teruslah menjaga kebersamaan membangun Sumba Barat ini dan berpartisipasi mengambil bagian pada acara HUT ke-74 Proklamasi RI.

Acarapun dilanjutkan dengan penyerahan Hadiah kepada OPD dan Instansi Vertikal yang meraih juara dalam berbagai kategori.

Turut serta hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati, Forkopimda, Para Asisten, Para Pimpinan OPD/Unit Kerja, Ketua TP. PKK, Ketua Organisasi Perempuan dan Warga Masyarakat Sumba Barat.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini