Day: August 3, 2019

Wabup Toni Buka Kegiatan Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sumba Barat

Waikabubauk-Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP membuka Kegiatan Lomba Pidato  tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sumba Barat di Aula Madrasah Aliyah Negeri – Kereloko, Kelurahan Wailiang, Kecamatan Kota Waikabubak. Sabtu 3 Agustus 2019

Kegiatan diikuti oleh peserta lomba yang terdiri dari 14 Sekolah Tk. SMA/SMK/MA  bersama guru pendamping masing-masing sekolah. Dengan mengusung tema Empat Konsensus Dasar Nasional  yaitu : Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati berharap peserta lomba untuk tidak saja unjuk kebolehan prestasi masing-masing sekolah (public speaking dan teknik berorasi) tapi lebih dari itu, peserta lomba dapat menjiwai dan menghidupkan kembali nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar utama kebangsaan. “Peserta Lomba dapat menjadi kader utama yang mengajarkan tentang toleransi keberagaman, karena ancaman terbesar bangsa saat ini adalah intoleransi.  Kegiatan ini penting dilaksanakan untuk menanamkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme, patriotisme dan kecintaan kepada tanah air dan bangsa sehingga Republik Indonesia tetap kokoh selamanya.”

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumba Barat ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan wawasan kebangsaan dan bela negara; meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara; serta meningkatkan semangat nasionalisme, patriotisme dan heroisme dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Para juri lomba berasal dari praktisi dan pemerhati  empat Konsensus Dasar Nasional, tokoh pendidikan serta unsur pemerintahan yaitu: Drs. Imanuel M. Ani, M.Si, Titus Diaz Liurai, S. Sos, M.Si, Drs. Alex Ratu Udju, dan Drs. Agustinus Dapadeda.

Juara I diraih oleh peserta lomba pidato dari SMA Kristen Waikabubak  an.Cornelia Luba Tara Boro  dan akan mengikuti lomba tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur mewakili Kabupaten Sumba Barat pada tanggal 12 Agustus yang akan datang di Kupang.

RED. DKIPS

Bagikan Informasi Ini