Day: August 12, 2019

Bupati Dapawole Terima Tim PT. Solar Water Solutions Bersama Hivos

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menerima PT. Solar Water Solutions bersama Hivos di Stand Pameran Rumah Adat Setda Kabupaten Sumba Barat, Senin, (12/8).

Dalam suasana santai dan kebersamaan, Tim PT. Solar Water Solutions ( Perusahaan Firlandia) dan Hivos mempresentasikan maksud dan tujuan terkait rencana kerja sama yang ingin ditawarkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Hendri Pohan Simangunsong Tim PT. SWS memaparkan salah satu teknologi tenaga surya pengolahan air bersih ramah lingkungan yang memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan masyarakat, diantaranya proses membuat air minum dari air laut, air payau maupun air tanah yang terkontaminasi dengan memaafkan tenaga cahaya matahari.

Hendri menjelaskan teknologi unik yang memungkinkan 100% penggunaan tenaga surya (solar panels) untuk proses desalinasi yang dapat bekerja didaerah terpencil tanpa biaya energi dan mampu memproduksi dengan biaya yang hemat.

Selanjutnya, Feri Kristianto dari PT. Surya Utama Nuansa memaparkan sistem solar panels, dimana lebih difokuskan tentang energi yang dapat menghasilkan tenaga listrik di seluruh pelosok yang tidak terjangkau tenaga listrik PLN.

Feri menambahkan solar panels adalah sebuah Teknologi yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik lebih efisien dibandingkan tenaga disel.

Menanggapi prestasi tersebut, Bupati Dapawole mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi hasil presentasi dari PT. SWS dan Hivos yang mampu menjawab kebutuhan kekurangan air bersih dan tenaga listrik di Kabupaten Sumba Barat.

Hal ini sangat menguntungkan bagi Wilayah di NTT khususnya Sumba Barat yang memiliki potensi energi cahaya matahari yang cukup besar di bandingkan wilayah didaerah lainnya.

Bupati Dapawole berharap kiranya pertemuan malam ini menjadi awal yang baik, “saya minta PT. SWS dan Hivos dalam waktu dekat dapat kembali ke Sumba Barat guna bertemu langsung dengan para kepala desa dan pengusaha untuk menjelaskan secara detail manfaat dari teknologi SolarRo”, lanjut Dapawole

Ditempat terpisah, Yopi Malingara, SSTP dan juga Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah pada Bappeda Sumba Barat ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa Solar Water Solusion ini akan sangat membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih dan listrik didaerah pelosok yang belum terjangkau listrik sehingga perlu menjadi perhatian pengusaha perhotelan dan Pemerintah Desa melalui Bumdes bersama untuk mengambil peluang usaha ini dan kesempatan memperluas penerima manfaat air bersih di Sumba Barat.

Perlu diinformasikan Hivos adalah salah satu NGO yang bekerja sama dengan Kementerian ESDM dalam sekretariat bersama untuk membantu penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs.Umbu Dingu Dedi, MSi, Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD/Unit Kerja, Ketua TP.PKK Kabupaten Sumba Barat.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Sumba Barat: Kebenaran dan Keteladanan Adalah Prinsip Utama Dalam Gereja

LAMBOYA_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole mengatakan Kebenaran dan Keteladanan Adalah Prinsip Utama Dalam Gereja. menurutnya tindakan akan “Berbicara” lebih keras dari pada sekedar kata-kata, oleh karena itu kepada pendeta/gembala ini merupakan pesan yang sangat bermakna dan berpengaruh pada diri jemaat dan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini disampaikan pada pelaksanaan kegiatan Pentahbisan Vicaris Florida Lisna Mere,STh menjadi Pendeta Gereja Kristen Sumba (GKS) Jemaat Rajaka klasis Lamboya, bertempat di GKS Rajaka, Kecamatan Lamboya. Senin,(12/8).

Bupati Dapawole, diawal sambutan menyatakan thema penthabisan pendeta hari ini adalah “melayani dan menghamba seperti kristus”, artinya dalam pelayanan nantinya diharapkan menyerupai kristus dan gembala.

“Sebagai pelayan Tuhan harus senantiasa bertekun dan mengusahakan perkembangan hidup rohani,sebab identitas seorang pelayan terletak dimensi rohani yang dimilikinya” harap Dapawole.

Lanjutnya mengatakan sebagai seorang pelayan harus memaknai sungguh – sungguh keterpanggilan, karena tidak mudah namun membutuhkan kesetiaan dalam berjuang membangun kehidupan rohani jemaat.

“Gereja dan Pemerintah adalah mitra dalam pembinaan dan pemberdayaan umat yang adalah warga masyarakat karena dukungan doa dari umat dan pemerintah akan memberikan kekuatan kepada pendeta untuk melayani Tuhan, Masyarakat dan Pemerintah”, ucap Dapawole.

Lebih lanjut Bupati Dapawole menyampaikan semua warga didaerah ini, adat, pemerintah dan agama harus harmonis, untuk itu mari kita bersama sama menyatukan pikiran dan jiwa kita untuk Sumba Barat yang lebih baik karena daerah ini merupakan rumah besar milik kita semua.

Bupati Dapawole menegaskan jabatan pendeta adalah sebuah panggilan allah dan bukan alternatif pilihan dari beberapa dan atau karena ketiadaan pilihan, bukan pula pilihan yang sewaktu waktu dapat ditinggalkan, oleh karena itu majulah pantang mundur bersama kristus didalam setiap pelayanan sebagai seorang pendeta.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Dapawole berpesan kepada jemaat rajaka, dukunglah dan doakanlah Pendeta Florida yang baru ditahbiskan baik didalam pelayanannya maupun dalam membangun jemaat rajaka dan beliau mengucapkan selamat menjalankan amanat sebagai pendeta GKS Rajaka, semoga niat,langkah dan upaya baik saudari bersama jemaat rajaka senantiasa memperoleh bimbingan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Disampaikan juga,sebelumnya
didahului Ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Alfred Dj.Samani, STh, M.Si kemudian dilakukan Pentahbisan Pendeta Florida Insa Mere, STh sebagai Pendeta Jemaat Rajaka yang pada nantinya akan bertugas di jemaat rajaka klasis lamboya.

Acara pentahbisan juga dimeriahkan dengan sejumlah tarian dan paduan suara dari berbagai vocal group baik remaja maupun kaum bapa.

Turut serta hadir pada acara tersebut, Sekertaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD, Kepala Deperteman Agama, Anggota DPRD Dapil Lamboya, Para Bapak/Ibu Pendeta, Kapolsek Lamboya, Danramil Lamboya dan Para Jemaat Rajaka dan Undangan Lainnya.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Lepas Peserta Gerak Jalan Putra Tingkat Kabupaten Sumba Barat

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole melepas Peserta Gerak Jalan Putra Tingkat Kabupaten Sumba Barat dengan jarak tempuh 17 Kilo meter bertempat di depan Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat. Senin, (12/08)

Bupati Dapawole mengucapkan terimakasih kepada seluruh Dinas, Badan, Kantor, Bagian, Kecamatan dan Instansi Vertikal lainnya serta siswa SMA se Kabupaten Sumba Barat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga bersama staf, saya ucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kiranya kegiatan positif ini terus ditingkatkan di tahun mendatang”, harap Dapawole.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut Sekretaris Daerah, Kasdim 1613 Sumba Barat, Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Tanarighu, Peserta Gerak Jalan, Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Kontrak Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat dan masyarakat Kota Waikabubak.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini