Day: August 15, 2019

Serah Terima Pengadaan Tanah Dari Pemilik Tanah Kepada Pemerintah Daerah

DIRATANA_ Acara Serah Terima Pengadaan Tanah dari Pemilik Tanah Warga Kelurahan Dirantana, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat seluas 40.000 M² atau 4 Ha berlangsung pada Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di kediaman rumah milik warga dan juga sebagai pemilik tanah.

Lokasi Tanah seluas 4 Ha itu dimiliki oleh 5 orang pemilik diantaranya Viktor Ngongo Putarato, David Lede Kadi Wone, Bulu Iwu, Lele Dapawole dan Herry Susanto dan tanah tersebut sudah dilengkapi dengan Sertifikat Hak Milik.

Pada kesempatan tersebut,Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole didampingi Sekretaris Daerah Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si, Staf Ahli Bupati dan para Pimpinan OPD, Camat Loli, Kabag Humas dan Protokol dan Lurah Diratana.

Bupati Dapawole manyampaikan, “Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih kepada saudaraku sekalian yang dengan tulus hati dan niat baik memberikan hak dari sebagian miliknya kepada pemerintah untuk dibangun Sport Center bagi kepentingan umum.”

“Pengadaan tanah ini dilakukan untuk kepentingan umum yang bertujuan untuk menyediakan lahan bagi pelaksanaan pembangunan sport center guna meningkatkan kesejahteraan Bangsa, Negara dan Masyarakat terutama di bidang olah raga dengan tetap menjamin hak bagi pihak yang berhak”, kata Dapawole.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa pembangunan Sport Center ini dilaksanakan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sumba Barat (RTRW), Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja).

Sebelumnya, Samuel Kalli Kula, S.Pd,M.Pd, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga dalam laporannya mengatakan bahwa pengadaan tanah untuk kepentingan umum dimulai melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil. “Sesuai Pepres Nomor 36 Tahun 2005 tentang pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum,” jelas Samuel.

Samuel lanjut menyatakan terselenggaranya acara serah terima tanah ini atas inisiatif pemilik tanah sebagai wujud ucapan terima kasih atas kesediaan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam menjadikan Keretoma sebagai lokasi pembangunan Sport Center dan mengharapkan agar tahapan pembangunan Sport Center dapat dilakukan dalam waktu tidak terlalu lama.

Samuel juga menyampaikan dalam penyusunan kebijakan, rencana atau program,hak atas tanah digunakan untuk menyiapkan alternatif penyempurnaan kebijakan, rencana dan program agar tanah yang dimiliki diharapkan dapat dimaksimalkan melalui pembangunan sarana dan sarana olahraga.

Menanggapi laporan tersebut Bupati Dapawole menginstruksikan agar Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumba Barat sebagai instansi yang bertanggung jawab untuk segera melakukan persiapan terkait dengan rencana pembangunan Sport Center tersebut.

Pada akhirnya, acarapun dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan sertifikat dari pemilik tanah kepada pemerintah dalam hal ini Bupati Sumba Barat.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini