Day: August 17, 2019

Bupati Dapawole Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sumba Barat

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole jadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 bertempat di Lapangan Mandaelu. (Sabtu, 17/08)

Bupati Dapawole dalam pidatonya mengatakan kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menaungi kita sebagai bangsa Indonesia sehingga kita sudah 74 tahun menghirup udara merdeka. Kita yang berada di Sumba Barat hari inipun dengan penuh hikmat melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

“Marilah rasa syukur ini kita aktualisasikan melalui kerja keras agar kita mampu memberikan prestasi bagi Indonesia dan bagi Sumba Barat. Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah untuk diwujudkan. Agar dapat mewujudkannya kita harus mengimplementasikan dalam sikap, tindakan dan kerja yang nyata. Hanya melalui kerja bersama memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya agar negara ataupun kabupaten kita akan meraih kemajuan dan kejayaannya”, ajak Dapawole.

“Jangan sia-siakan waktu luang yang dimiliki bangsa ini hanya untuk saling jegal menjegal, saling curiga, fitnah, iri hati, membangun narasi-narasi perpecahan seperti isu suku, ras, agama atau hal-hal tidak penting lainnya. Coba pikirkan apa karya atau prestasi yang bisa kita persembahkan untuk bangsa dan negara ini, terlebih bagi generasi penerus bangsa. Saatnya kita mengisi kemerdekaan yang telah diraih para pahlawan bangsa dengan terus produktif berkarya dan tulus mengabdi untuk kemajuan dan keunggulan bangsa dan negara kita ini”, tegas Dapawole.

Bupati Dapawole juga menyampaikan bahwa tepat hari ini tiga tahun enam bulan, Niga Toni sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat periode 2016 – 2021 melaksanakan mandat dari rakyat Sumba Barat untuk memimpin Kabupaten ini.

“Tentu ada dinamika, suka duka, manis pahit dalam kebersamaan membangun daerah ini. Kita masih terus berjuang bersama melalui strategi dan prioritas pembangunan yang saat ini sedang kita lakukan, bagi kemajuan masyarakat kabupaten sumba barat. “Membangun Sumba Barat yang semakin Mandiri, Demokratis dan Berbasis Sumber Daya Lokal”, tandas Dapawole.

Dapawole juga menambahkan bahwa kita perlu bersyukur karena intervensi di bidang kesehatan dan pendidikan sangat berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia Sumba Barat terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Usia Harapan Hidup berada pada angka 66,58% termasuk capaian dalam menurunkan angka mortalitas, meningkatkan angka morbiditas, dan variabel kesehatan lainnya. Angka melek huruf, rata-rata lama sekolah terus mengalami peningkatan di dua tahun terakhir berada pada angka 86,68%.

“Pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan, pada tahun 2018 sebesar 7,63% terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 4,98%. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya kecuali sektor lapangan usaha mengalami peningkatan pertumbuhan”, lanjut Dapawole.

Pada kesempatan itu pula Dapawole mengucapkan terimakasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri, teruslah bekerja menjadi pelindung, pelayan, pemberdaya dan pencerah rakyat. “Para generasi muda, para pelajar diseluruh sumba barat persiapkanlah diri anda dengan sebaik-baiknya agar mendayagunakan segenap kemampuan dan potensi yang ada guna memajukan sumba barat”, pesannya.

“Terimakasih juga kepada seluruh rakyat Sumba Barat dari Tanarighu sampai Laboya Barat atas segala dukungan yang telah diberikan bagi pembangunan demi kemajuan Sumba Barat tercinta. Teriring permohonan maaf yang setulus-tulusnya atas berbagai kekurangan, kelemahan dan keterbatasan sehingga Pemerintah belum dapat memenuhi keinginan, harapan dan cita-cita seluruh rakyat Sumba Barat melalui pelayanan yang selama ini diberikan”, ucap Dapawole mengakhiri pidatonya.

Turut hadir pada Upacara tersebut, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua TP PKK, Ketua Organisasi Perempuan, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta seluruh tamu undangan dan peserta Apel lainnya.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini