Day: September 26, 2019

Bupati Dapawole Dukung Lomba Fotografer Tingkat Nasional Dengan Tema “Pasola”

JAKARTA_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole mendukung penuh kegiatan lomba fotografer tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sumba Barat.

Hal ini disampaikan Bupati Dapawole pada saat audiensi bersama Photography Club Jakarta bertempat di Pak Yan Kedai Kopi Jakarta Pusat. Rabu, (25/09).

Bupati Dapawole mengatakan proficiat dan terima kasih kepada pemuda-pemuda yang terbentuk dalam photography club Jakarta yang telah memilih Sumba Barat khususnya Event Pasola sebagai lokus pemandangan yang akan diperlombakan.

“Kegiatan ini bagi kami di Sumba Barat merupakan salah satu bentuk promosi terhadap adat istiadat Kabupaten Sumba Barat yang menjadi destinasi pariwisata”, ujar Dapawole.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, Kabupaten Sumba Barat semakin dikenal dimata dunia. Tidak hanya karena ada hotel Nihiwatu sebagai hotel terindah di dunia tetapi juga dikenal dengan adat istiadat yang unik serta destinasi wisatanya yang indah”, harap Dapawole.

Drs. Umbu Dingu Dedi, M. Si Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat menambahkan bahwa terkait dana dari kegiatan tersebut harus segera dikoordinasikan dengan dinas terkait agar segera dianggarkan pada APBD tahun 2020. “Sehingga dana yang dianggarkan, baik dari pemerintah maupun sponsor dari pihak luar dapat mencakup semua kegiatan yang direncanakan”, tambah Umbu Dingu.

Sementara Ketua Photography Club Agus Soefiono menjelaskan tentang perencanaan Lomba Fotografer yang nantinya akan di susun dalam bentuk proposal.

“Lomba Fotografer ini akan difokuskan pada dua titik yaitu yang pertama Event Pasola yang dilaksanakan di pantai dan kedua yaitu acara inti event pasola tersebut yang dilaksanakan di lapangan pasola”, jelas Agus.

“Peserta yang rencananya akan diundang adalah fotografer yang berasal dari seluruh Indonesia, dan akan dibagi dalam dua kategori yaitu kategori wartawan dan umum. Rencana kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari, sampai pada acara ramah tamah sekaligus pembagian hadiah dan penghargaan bagi pemenang”, lanjut Agus.

Hadir pula dalam tatap muka tersebut Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Kabupaten Sumba Barat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sumba Barat, Kabid Pembangunan Manusia dan Masyarakat pada Bappeda, Kabid Pemasaran dan Penyuluhan Wisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat dan Kasubag Humas dan Dokumentasi pada Setda Kabupaten Sumba Barat serta Tim dari Photography club.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Menghadiri Rakorwasdanas dan Stranas PK di Solo

SOLO_ Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2020 dan pelaksanaan strategi nasional pencegahan korupsi, Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole Menugaskan Inspektur Kabupaten Sumba Barat Ledi Lagu, SH, M. Hum dan Kepala Bagian Humas dan Protokol pada Setda Kabupaten Sumba Barat Ridho Djama Samani, SKM, M. Sc, Sekretaris Inspektur Kabupaten Sumba Barat Agus Jaha, SH serta Kasubag Umum dan Keuangan pd Inspektorat Kabupaten Sumba Barat Abdullah Daud, SE selaku Pengelola Aplikasi MCP KPK dan JAGA.id untuk mengikuti Rapat Kordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Nasional (Rakorwasdanas) dan Evaluasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri bertempat di The Sunan Hotel Solo. Kamis, (25/09).

Tumpak Haposan Simanjuntak Itjen Kemendagri dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Rakorwasdanas 2019 dilaksanakan dengan tujuan melaksanakan amanat uu 23 tahun 2014 ttg Pemerintah Daerah yang salah satu tujuan melakukan evaluasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi serta pemutakhiran data TLHP.serta pada kesempatan hari ini pula Kemendagri memberikan penghargaan terhadap Provinsi yang telah berhasil dalam melakukan upaya perbaikan dalam pencegahan korupsi serta telah melakukan tindaklanjut atas berbagai temuan Itjen dan BPK, memiliki Kinerja serta melakukan inovasi dalam pencegahan Korupsi yaitu.JATENG, GORONTALO ,JATIM, JABAR dan DI.JOGYAKARTA.
Rakorwasdanas diikuti oleh seluruh Inspektorat Provinsi dan Kabupaten, serta Kabag Humas se Indonesia…

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan mengatakan bahwa kegiatan hari ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penyelenggara pengawasan didaerah sehingga pembangunan didaerah benar benar dilaksanakan dengan baik dan benar serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Provinsi Jawa Tengah khususnya Kota Solo utk menjadi Tuan rumah pelaksanaan Rakorwasdanas 2019 tingkat Nasional. Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan kepada Kepala Daerah yg hadir dlm acara tersebut”, ucap Pranowo.

Sekjen Kemendagri bapak Hadi Prabowo dalam sambutannya mengatakan apresiasi dan penghargaan atas kehadiran peserta pertemuan hari ini sebagai salah satu bentuk sinergitas pemerintah dalam upaya pencegahan korupsi didaerah masing2. Terima kasih jg kepada 5 provinsi yg telah menunjukkan prestasi dalam meningkatkan kinerja pengawasan di daerah masing2.

“Dibawah Tema “SDM Pengawasan Unggul Cegah Korupsi” diharapkan dapat memberikan dampak bagi pembangunan di daerah masing2. Walaupun disadari bahwa dalam segi kuantitas dan kualitas APIP masih kurang akan tetapi tidak menyurutkan semangat dalam upaya pencegahan korupsi, diharapkan pula dukungan kerja sama dari Bagian Humas Pemda untuk dapat membangunan komunikasi yang baik serta dapat memberikan informasi-informasi terutama dalam upaya pencegahan serta upaya tindaklanjut atas berbagai temuan yang telah disampaikan oleh APIP”, ujar Hadi.

Diharapkan pula bahwa tunjangan kerja bagi APIP dapat diperbaiki sehingga tidak mengganggu para APIP dalam melakukan pengawasan yang akan tergiur dengan tindakan-tindakan yg tidak bertanggungjawab yang mengarah pada tindak Korupsi serta upaya memperbaiki struktur organisasi Inspektorat didaerah serta Penerapan Sistem Aplikasi Integrated utk menunjang pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di dearah, menjaga integritas APiP, merubah cara pandang pengawasan, meningkatkan kompetensi menuju apip level 3, ujar Hadi menutup sambutannya.

Rakorwasdanas 2019 yang berlangsung di The Sunan Hotel Solo dibuka oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, dalam sambutannya mengatakan KPK telah membentuk Tim Kordinasi supervisi pencegahan dan pengawasan Korupsi yang bekerjasama dengan aparat pengawasan di daerah sebagai upaya pencegahan korupsi di daerah.

Marwata mengharapkan kerja sama dan komitmen dari kepala daerah dan seluruh jajarannya untuk melakukan perubahan yang mendasar dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
KPK mendorong untuk dilakukan upaya-upaya dalam penguatan kelembagaan, penguatan anggaran dan penguatan SDM pengawasan di daerah.
(Rdjs)

siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Setda Kab.Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini