Month: October 2019

Bupati Dapawole Memberikan Motivasi Bagi Anak-anak Peserta Lomba Cerdas Cermat

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole memberikan motivasi kepada anak-anak peserta lomba Cerdas Cermat Anak, Cerdas Cermat Remaja serta Tutur Kitab Suci tingkat Kabupaten Sumba Barat bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumba Barat. Rabu, (30/10).

Bupati Dapawole dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas gereja dan pemerintah adalah selalu menggiring dan membawa anak dan remaja kita berada dalam suatu wadah atau aktifitas yang menumbuhkan keimanan mereka. Anak dan remaja harus memiliki pengetahuan dan pengajaran agama yang benar.

“Saya minta agar anak-anak dan remaja untuk membiasakan diri selalu membaca Alkitab. Perlombaan ini akan menjadi momentum peningkatan tekad dan spirit bagi anak-anak kita untuk semakin mengenal jati diri dan memiliki kepribadian sesuai dengan nilai-nilai agama”, harap Dapawole.

“Jadikan lomba ini sebagai persembahan syukur kepada Tuhan sebagai wujud pertanggungjawaban atas talenta yang telah Allah berikan kepada kalian. Untuk itu kepada anak-anakku, berikanlah persembahan yang paling terbaik karena Tuhan kita berhak untuk mendapatkan itu”, pesan Dapawole.

Dapawole berharap janganlah hasil lomba itu yang menjadi tujuan utama, tetapi yang utama adalah lomba ini dapat menghasilkan peserta yang memiliki prestasi dengan kualitas iman yang baik.

Yohanis Nangkut, S. Ag Peserta berasal dari 3 paroki yakni Paroki Waikabubak, Paroki Tana Mali dan Paroki Wanokasa yang sebelumnya telah meraih kejuaraan pada lomba tingkat paroki.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Siprianus Muda Hondo, S. Fill, MM pada kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat atas dukungan yang diberikan yaitu dalam bentuk bantuan hadiah bagi pemenang.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Meresmikan Peluncuran Festival Kampung Tarung Waitabar

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole meresmikan Peluncuran Festival Kampung Tarung bertempat di halaman Kampung Adat Tarung Weetabar. Selasa, (29/10).

Bupati Dapawole disambut meriah dengan tari-tarian dan pakalaka oleh warga kampung Tarung Weetabar, selanjutnya penyelempangan kain dari perwakilan warga kepada Bupati Dapawole.

“Apresiasi sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan ini, oleh karenanya kita harus mendukung kegiatan ini. Hal ini menyatakan bahwa kampung-kampung adat kita sudah banyak mengalami kemajuan”, kata Dapawole.

“Berhentilah saling mengkritik atau saling curiga satu dengan yang lain. Mari kita menjunjung tinggi persatuan sehingga apa yang hendak kita capai dapat terwujud”, tegas Bupati Dapawole.

Dapawole mengatakan kita pernah mengalami kebakaran kampung dan selanjutnya sudah dibangun kembali. Oleh karenanya kita jangan tenggelam dalam suasana berduka tapi mari kita bangkit untuk kemajuan kita bersama.

Pada kesempatan itu Dapawole menghimbau agar rumah-rumah di kampung adat dapat dijadikan penginapan bagi wisatawan. Agar perekonomian masyarakat di kampung semakin meningkat. Warga yang tinggal di kampung harus membersihkan kampung dari sampah terutama sampah plastik sehingga wisatawan senang berkunjung di kampung kita.

“Kalau kita mau kampung ini makin maju maka kita harus berbuat baik mendukung pemerintah dan lembaga-lembaga terkait yang ingin membangun kampung. Jangan mudah percaya akan isu-isu yang tersebar”, lanjut Dapawole.

Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat, Bupati Dapawole mengharapkan agar terus mendukung penyelenggaraan pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat.

Koordinator program Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika, Selfiana Yolanda mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar kita sudah mulai berpikir kampung ini menjadi Kampung Wisata Berbasis Adat. Karena kalau bukan kita yang melestarikan budaya kita, siapa lagi??

Sedangkan Camat Loli Samuel Manupele, S. Sos mengatakan saya selaku Camat mengucapkan terima kasih atas inisiatif Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika dalam menggerakkan kebutuhan-kebutuhan di kampung dimana kegiatan ini mendukung Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan serta Desa.

Harapan saya sebagai camat untuk kita bergandengan tangan mengembangkan adat budaya kita tanpa meninggalkan adat asli kita.

Selanjutnya Bupati Dapawole melakukan peninjauan pameran berupa kain-kain adat Sumba Barat, perlengkapan adat dan hasil pangan lokal yang telah diolah. Peninjauan diiringi tarian Dokale dari anak-anak di Kampung Tarung Weetabar.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Barat/Unit Kerja, Tokoh adat Kampung Tarung Weetabar dan Warga Kampung Weetabar.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Hadiri Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat, Bupati Dapawole Sebut Kita Satu Kasur, Hanya Berbeda Bantal.

WAIKABUBAK_ “Kita satu kasur, hanya berbeda bantal. Sebab dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan jembatan penghubung antata Pemerintah Daerah dan DPRD melalui mekanisme konsultasi.

Demikian diucapkan Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dalam sambutannya saat menghadiri acara Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat periode 2019-2024.

“Hal ini selaras dengan prinsip dasar dalam hubungan kerja antara Kepala Daerah dan DPRD yaitu bahwa kebijakan mengenai uang, orang, barang dan tata ruang harus dibicarakan antara Kepala Daerah dan DPRD sebagai Wakil Rakyat”, lanjutnya.

Pelantikan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak tersebut, berjalan dengan penuh hikmat dengan dikukuhkan oleh Rohaniwan Pendamping Pdt. Eni N. Bora, Si.Teol. Adapun Pimpinan DPRD periode tahun 2019 – 2024 yaitu Drs. Dominggus Ratu Come sebagai Ketua DPRD, Daniel Bili, SH sebagai Wakil Ketua, Gregorius H. B. L. Pandango, SE sebagai Wakil Ketua.

Pada kesempatan itu pula Bupati Dapawole mengatakan atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumba Barat saya ucapkan selamat kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat yang baru saja diambil sumpah/janjinya.
“Momentum ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan Thema ‘Bersatu kita maju’. Saya berharap thema ini menjadi komitmen dan spirit dari Pimpinan dan segenap anggota DPRD serta Pemerintah Daerah, karena hanya dengan persatuan saja kita dapat membangun Sumba Barat kearah yang lebih baik”, ujar Dapawole.

Bupati Dapawole juga berharap dalam semangat kemitraan yang produktif, kedua lembaga ini selama lima tahun kedepan akan bergerak kedalam suatu dinamika konstruktif yang bermuara pada terciptanya kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sumba Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sumba Barat, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, anggota Forkopimda, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi NTT Ir. Eston L. Foenay, M. Si, Ketua TP PKK, Ketua Organisasi Perempuan, Para Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan tamu undangan lainnya.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Hadiri Rapat Kerja Gubernur Bersama Para Bupati/Walikota, Camat dan Kades se-NTT, Bupati Dapawole Tekankan Pentingnya Sinergitas Program di Desa

KUPANG_ Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Rapat Kerja Gubernur bersama Bupati/Walikota, Camat dan Kepala Desa se-Provinsi Nusa Tenggara Timur bertempat di GOR Flobamora, Kupang. Kamis (24/10).

“Rapat Kerja ini sangat penting karena akan menentukan kesepakatan bersama untuk bersinergi demi mensukseskan program kerja pemerintah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari Desa. Sinergitas Program Kerja/Kegiatan di Desa akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan Desa tersebut. Pemanfaatan Dana Desa yang tepat tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakatnya”, kata Dapawole di sela-sela kegiatan tersebut.

Bupati Dapawole hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Imanuel M. Anie,M.Si, Pejabat yang mewakili Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sumba Barat, para Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten Sumba Barat.

Rapat Kerja dengan tema “Sinergitas dan Kolaborasi Membangun NTT dimulai dari Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan NTT bangkit Menuju Sejahtera” tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintahan yg menjadi kewenangan di daerah khususnya Provinsi NTT.

“Selain hal tersebut rapat kerja ini merupakan upaya membangun sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, menginventarisasi persoalan yg terjadi pada penyelenggaraan urusan pemerintahan umum serta mengoptimalkan fungsi dan pemanfaatan Dana Desa agar sesuai dengan sasaran”, demikian penyampaian Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Doris A. Rihi, M.Si selaku Ketua Panitia Penyelenggara.

Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, SH, M.Si dalam sambutannya menjelaskan Lima Program Prioritas Pemerintah Pusat yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala birokrasi, penyederhanaan birokrasi
serta transformasi ekonomi kepada lebih dari 2800 orang yang hadir pada kesempatan tersebut.

“Untuk mewujudkan NTT bangkit menuju sejahtera harus dimulai dari Desa dan Kelurahan. Masing-masing Desa/Kelurahan harus mampu memaksimalkan potensi yang ada di wilayah serta memanfaatkan dana yang sudah ada secara optimal sehingga dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya”, kata Laiskodat.

Selain itu Viktor memberikan kesempatan Perwakilan Kepala Desa untuk memberikan testimoni dan juga menyampaikan keluhan tentang persoalan yang terjadi di desanya. Kabupaten Sumba Barat yang diwakili oleh Kepala Desa Dokakaka, Ishak Lede menyampaikan keluhan terkait rusaknya infrastruktur jalan, belum tersedianya listrik dan masih minimnya di beberapa tempat di wilayah Sumba Barat. Setelah menerima keluhan-keluhan para Kepala Desa tersebut, Gubernur Laiskodat pun berjanji akan menindaklanjutinya.
(R2)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini