Day: October 16, 2019

Pemda Sumba Barat Diundang Secara Adat Oleh Pemda Rote Ndao

WAIKABUBAK_ Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat menerima kunjungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao. Rabu, (16/10)

Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumba Barat dan Kepala Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat menyambut baik kedatangan Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rote Ndao Dominggus, ST, MT bertempat di ruang kerja Wakil Bupati Sumba Barat.

Mengawali pertemuan tersebut, Asisten Dominggus mengatakan maksud kedatangannya yaitu untuk mengundang secara resmi kepada Pemda Sumba Barat untuk berkenan bersama-sama hadir dalam acara Festival Mulut Seribu Lokonamon Desa Dajaman Kecamatan Landu Leko Kabupaten Rote Ndao.

Asisten juga membawa serta undangan dan Ti’i Langga (Topi adat suku Rote) dan kain adat Rote “sebagai tanda bahwa kami mengundang secara adat dan oleh karenanya kami sangat mengharapkan kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat dalam acara tersebut”, harap Dominggus.

Selanjutnya Dominggus menyematkan Ti’i Langga dan menyelempangkan kain adat Rote kepada Wabup Toni seraya mengatakan bahwa ini adalah adat kami orang Rote, ini menandakan bahwa bapak sudah menjadi bagian dari orang Rote.

Pada Kesempatan itu pula Dominggus menyampaikan salam hormat dari Bupati dan Wakil Bupati kami untuk Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat.

Sementara Wabup Toni mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan juga undangan dari Pemda Rote Ndao. “Kami merasa terhormat karena sudah diundang secara adat oleh Pemda Rote Ndao. Oleh karenanya kami terima undangan ini dan kami siap hadir dalam acara tersebut”, ujar Wabup Toni.

Dan sebagai tanda ucapan selamat datang dan terimakasih sebagai tuan rumah yang baik, Wabup Toni pun menyelempangkan kain adat Sumba Barat kepada Asisten Dominggus, seraya mengucapkan salam hormat kembali kepada Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh masyarakat Rote Ndao.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Wakil Bupati Sumba Barat Buka Dengan Resmi Kegiatan Pengembangan Wisata Kuliner

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP, dalam sambutan pembukaan Kegiatan Pengembangan Wisata Kuliner di Aula Hotel Ande Ate, Selasa, 15 Oktober 2019 mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki makna yang penting dan strategis bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat yang harus kita sukseskan bersama.

“Oleh karena itu saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan hari ini karena merupakan forum untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengembangan wisata kuliner dalam meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Sumba Barat”, ujar Toni.

Lebih lanjut, Toni mengatakan bahwa mestinya kita bangga menjadi orang Sumba, karena Sumba tidak sekedar sebagai warisan tetapi Sumba memiliki potensi untuk dikembangkan, salah satu potensi yang ada di Sumba lebih khusus Sumba Barat adalah sektor pariwisata. Salah satu modal utama kita adalah bahwa Sumba merupakan pulau terindah di dunia dan kita juga memiliki hotel terindah yaitu hotel Nihi Watu.

Selanjutnya Toni menegaskan kepada panitia penyelenggara agar selesai kegiatan pelatihan ini wajib turun lapangan untuk cek tenaga yang sudah ikut pelatihan ini apakah mereka betul sebagai pelaku kuliner atau tidak sehingga pelaksanaan kegiatan ini tidak terkesan hanya menghabiskan anggaran saja tetapi ada hasil yang dicapai.

Kepada Para peserta, Wabup Toni berpesan agar dalam mengikuti kegiatan ini serius betul karena pelaksanaan kegiatan hari ini sebagai kepedulian pemerintah dan kesadaran terhadap keberadaan masyarakat yang memiliki potensi dalam pengembangan wisata kuliner dan berperan besar dalam pengembangan industri pariwisata.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, para Asisten pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Mahendra sebagai nara sumber dari hotel Puri – Bali dan peserta dari masing – masing Desa se-Kabupaten Sumba Barat.
(John)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini