Day: November 11, 2019

Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-74, Wabup Toni Sebut Jadilah Pahlawan Masa Kini Yang Membanggakan Negeri

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019 di Kabupaten Sumba Barat bertempat di Halaman Kantor Bupati Sumba Barat. Senin, (11/11)

Wabup Toni yang membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara mengajak para Pemuda, “Jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri”.

Upacara bendera di Kabupaten Sumba Barat berjalan dengan khidmat dengan rangkaian acara yaitu pengibaran bendera Sang Merah Putih, mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang jasa para Pahlawan diiringi bunyi sirene, pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, pembacaan Pesan-pesan Pahlawan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, dan pembacaan Doa oleh Pejabat dari Kantor Kementerian Agama, Andhika Bhayangkari, serta Lagu-lagu Perjuangan oleh Paduan Suara SMA Negeri 1 Waikabubak.

Pada kesempatan yang sama Wabup Toni mengatakan bahwa menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “…….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar……”, ujar Wabup Toni.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional”, ajak Wabup.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain”, Tegas Toni. “Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju”, lanjutnya.

Wabup Toni berharap agar upacara peringatan Hari Pahlawan tidak hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Selamat Hari Pahlawan ke-74, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri”, ucap Wabup Toni mengakhiri sambutannya.

Turut hadir pada Upacara tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Dandim 1613 Sumba Barat, Waka Polres Sumba Barat, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua Pengadilan Agama Waikabubak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja se Kabupaten Sumba Barat, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Organisasi Perempuan se Kabupaten Sumba Barat, Pejabat Eselon III, IV dan staf, Tenaga Kontrak Daerah, serta Siswa/Siswi SD, SMP dan SMA.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini