Month: December 2019

Resmikan Pasar Rakyat Beradolu, Bupati Dapawole: Perekonomian Warga Akan Meningkat.

BERADOLU – Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole meresmikan Pasar Rakyat Beradolu, pasar rakyat ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2018.

Kehadiran Bupati Dapawole dan rombongan disambut baik oleh warga setempat kemudian dilanjutkan pengguntingan pitah pertanda sah diresmikannya.

“Saya lihat rakyat disini sangat senang, karena kehadiran pasar rakyat ini sangat menguntungkan dan menunjang perekonomian warga masyarakat setempat,” kata Dapawole saat memberikan arahan dalam acara peresmian pasar rakyat Beradolu, Kecamatan Loli, Kamis (19/12/2019).

Dapawole lanjut mengatakan pasar ini milik kita bersama, jaga kebersihannya, keamanan di pelihara. Bukan hanya pasar yang harus bersih tetapi manajemennya diatur, pedagang harus bersih dan selalu tersenyum.

“Pola pikir harus kita ubah dan harus mampu bersaing dengan pasar modern, saya yakin bisa, tinggal niatnya saja”, imbuh Dapawole.

Akhir kata Dapawole tegaskan jangan sampai pasar itu becek, bau, dan kotor, sehingga para pembeli akan rajin berkunjung ke pasar ini.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten Pembangunan dan Keuangan, Para Pimpinan OPD/Unit Kerja, Camat Loli, Kepala Desa Berdolu, Kepala Desa Sobarade dan warga masyarakat setempat.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Terima Kunjungan Kepala Sub Direktorat Wilayah 4 Kemendagri

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menerima kunjungan Kepala Sub Direktorat Wilayah 4 Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Ikhsan Dirgahayu, S. STP, M. Si bersama rombongan lainnya sebanyak 14 orang bertempat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat. Selasa, (17/12)

Bupati Dapawole dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Sumba Barat mengucapkan terima kasih atas kunjungan bapak Ikhsan bersama keluarga dan rombongan lainnya di Kabupaten Sumba Barat.

“Semoga bapak/ibu dapat menikmati alam di Kabupaten Sumba Barat dan membawa kesan yang baik dari Sumba Barat. Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami karena bapak/ibu telah memilih Kabupaten Sumba Barat sebagai tempat berkunjung serta tempat akhir pekan bersama”, lanjut Dapawole.

Pada kesempatan itu, Bupati Dapawole juga menyampaikan secara singkat gambaran umum tentang Kabupaten Sumba Barat serta permasalahan yang ditemui. Salah satunya yaitu maskapai penerbangan yang masih kurang di pulau Sumba. Kami sudah melakukan koordinasi baik ditingkat Propinsi maupun Pusat tentang jadwal maskapai penerbangan Garuda.

“Diharapkan dengan kehadiran bapak Ikhsan, membantu pemerintah Kabupaten Sumba Barat untuk mengingatkan kembali kepada Pemerintah Pusat. Dan kami harapkan dengan adanya pergantian direktur maskapai Garuda ini, jadwal penerbangan ke Sumba bisa menjadi perhatian khusus”, harap Dapawole.

Selanjutnya Kasudit Wilayah 4 pada kesempatan itu mengatakan bahwa dirinya dan keluarga beserta rombongan sangat puas dan sangat menikmati alam di Kabupaten Sumba Barat yang sungguh indah, menurutnya. Masyarakatnya juga sangat ramah.

“Menjawab permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sumba Barat seperti yang disampaikan bapak Bupati, kami akan memberikan perhatian khusus dan menindaklanjutinya”, ujar Ikhsan.

Selanjutnya Ikhsan sekilas menjelaskan berbagai sistem informasi yang telah diterapkan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sehingga dapat tercipta sinkronisasi sampai pada tingkat Kabupaten bahkan tingkat Desa.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT Endang S. Lerik, SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Staf Ahli Bupati, Para Asisten pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja se Kabupaten Sumba Barat dan para Kepala Bidang pada Bappeda Kabupaten Sumba Barat.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Hadiri Musrenbang Nasional Rancangan RPJMN 2020 – 2024

JAKARTA– Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Musrenbang Nasional Rancangan RPJMN 2020 – 2024 bertempat di Istana Negara Jakarta, Jakarta Pusat. Senin, (16/12).

Forum tahunan yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas ini bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan nasional satu tahun ke depan kepada seluruh pemangku kepentingan. Baik itu pemerintah pusat, daerah maupun non pemerintah, serta untuk menajamkan dan sinkronisasi program/kegiatan Prioritas Nasional (PN) antara Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah sebagai bentuk upaya koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah.

Tugas penyusunan RKP 2020 ini diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, di mana selain dilakukan proses perencanaan secara top-down, Kementerian PPN/Bappenas berkewajiban melakukan proses perencanaan bottom-up dan partisipatif melalui forum Musrenbangnas 2019.

Musrenbangnas 2019 dibuka Presiden Joko Widodo, turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Gubernur, para Bupati/Walikota, serta pemangku kepentingan pembangunan lainnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pertama, di Musrenbangnas 2019 diluncurkan Visi Indonesia 2045. Pada 2045, Indonesia akan menuju negara berpendapatan tinggi dan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia terbesar ke-5 di dunia. Indonesia juga akan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), ekonomi yang maju dan berkelanjutan; pembangunan merata dan inklusif, serta negara yang demokratis, kuat, dan bersih.

Hal terbaru kedua, tahun 2019 adalah tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, dan dilanjutkan penyusunan RPJMN 2020-2024. Kementerian PPN/Bappenas telah menyusun Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024. Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 berpedoman pada Tahap Keempat RPJPN Pertama (2005-2025), yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan RKP 2020 dan RAPBN 2020.

Hal baru ketiga, penyusunan RKP 2020 yang merupakan penjabaran tahun pertama RPJMN 2020-2024 dan untuk pertama kalinya di tahun ini dilaksanakan piloting Musrenbang Online untuk membahas usulan daerah, sebagai bentuk inovasi pelaksanaan Musrenbangnas yang lebih efektif dan efisien.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan dalam lima tahun terakhir, pembangunan nasional menunjukkan kemajuan yang sangat baik. Di tengah ketidakpastian global, ekonomi nasional tumbuh dengan stabil dan mencapai 5,17 persen pada 2018.

“Kemiskinan menurun secara konsisten dan mencapai tingkat terendah, yaitu 9,66 persen pada September 2018. Tingkat pengangguran juga terus menurun, mencapai 5,34 persen pada Agustus 2018,” kata Bambang.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Bupati Dapawole Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Koperasi

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole mendapat piagam penghargaan dari Gubernur Nusa Tenggara Timur sebagai Tokoh Koperasi Tingkat Provinsi NTT.

Piagam ini diberikan dalam rangka dukungan dan apresiasi Gerakan Koperasi se NTT yang diselenggarakan tanggal 27 Juli 2019 lalu di Waikabubak, sekaligus sebagai tanda terima kasih atas kinerja yang telah dicapai dalam menjalankan usaha-usaha untuk kepentingan koperasi dan masyarakat.

Piagam tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs. Umbu Dingu Dedi, M. Si pada acara Rapat Evaluasi Triwulan 4 di Aula Kantor Bupati Sumba Barat. Rabu, (11/12).
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini