Month: January 2020

Lakukan Peninjauan di Kecamatan Wanukaka, Wabup Toni Semangati para Petani untuk Bekerjasama Membersihkan Selokan

WANUKAKA_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP melakukan peninjauan di Kecamatan Wanukaka. Senin, (27/01).

Pada kesempatan itu Wabup Toni didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis PUPR, Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kabag Humas dan Protokol, Kabid Pengairan dan Kepala Desa Taramanu. 

Peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kerjasama gotong royong masyarakat petani di Wanukaka yang sedang membersihkan Saluran Irigasi sayap kanan yg tertimbun sedimen sehingga menyebabkan air tersumbat.

Wabup Toni pada saat itu juga menyemangati para petani agar terus bekerja sama bergotong royong membersihkan saluran tersebut.

Wabup Toni berjanji bahwa pemerintah akan memperhatikan masalah ini dan akan membantu sampai pada tahap penyelesaian.

“kami akan membangun koordinasi dengan Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten sampai pada Pemerintah Desa agar bersama sama menangani masalah tersebut sehingga masalah gagal tanam yg berakibat pada gagal panen dan rawan pangan karena iklim yg tdk menentu dapat diantisipasi”, ujar Wabup Toni.

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Wabup Toni Terima Kunjungan Wakil Rektor UNY

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marhen Ngailu Toni, SP bertempat diruang kerjanya menerima kunjungan Wakil Rektor Universitas Negeri Yogyakarta bidang Perencanaan dan Kerjasama DR. Rer. Rat. Senam didampingi Aji AbdusSalim staf bagian kerja sama pada hari Senin, 27 Januari 2020.

Wabup Toni dalam sapaannya mengatakan bahwa pertemuan hari ini merupakan tindaklanjut atas Penandatanganan MoU yg telah dilakukan antara Pemda Sumba Barat dengan Universitas Negeri Yogyakarta.

“Kerja sama dengan UNY merupakan salah satu upaya menterjemahkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat dalam menyelesaikan masalah Sumber Daya Manusia di Kabupaten Sumba Barat. Berbagai terobosan telah dilakukan salah satunya dengan memberikan tugas tambahan bagi guru-guru senior utk membimbing guru Yunior”, jelas Wabup Toni.

“Saat ini dengan adanya kerjasama dengan UNY diharapkan dapat membantu Pemerintah daerah dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman tambahan bagi para guru dan siswa/siswi di Kabupaten Sumba Barat”, harap Toni.

Sementara Wakil Rektor UNY dalam Sapaannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan Pemda Sumba Barat untuk berdiskusi dalam wewujudkan pembangunan Sumber daya manusia di Kabupaten Sumba Barat.

“Kedatangan kali ini untuk melakukan penjajakan kerjasama dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata(KKN), rencana Bimbingan bagi Siswa/Siswi SMA/SMK serta Rencana Pelatihan TOT bagi Para Guru di Kabupaten Sumba Barat. UNY siap membantu Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam Seluruh Aspek bidang pembangunan”, ujarnya.

Wabup Toni dalam akhir pertemuan mengharapkan dukungan dari Pihak UNY untuk melakukan pelatihan TOT bagi para Guru di Kabupaten Sumba Barat.

Hadir bersama dalam pertemuan ini Para Asisten pada Setda Kabupaten Sumba Barat, Kaban Litbang, Kadis Pendidikan, Kadis Keuangan, Bappeda dan Kabag Humas dan Protokol.
(RDjS)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Berkunjung ke Sumba Barat, Wabup Toni Perkenalkan Adat Istiadat Orang Sumba Kepada Miss Universe

WAIKABUBAK_ Pulau Sumba sudah sangat terkenal dimata dunia, hal ini dibuktikan dengan semakin banyak wisatawan yang berdatangan sampai pada artis-artis papan atas seperti David Beckham, dan lain-lain.

Hari ini kembali pulau Sumba khususnya Kabupaten Sumba Barat kembali dikunjungi oleh Tokoh Internasional yaitu Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan yang telah terpilih sebagai Miss Universe Tahun 2019.

Selaku tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat menyambut baik kedatangan Miss Universe.

Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP pada kesempatan itu menyelempang kain Sumba Barat seraya mengucapkan selamat datang di Sumba Barat dan terima kasih telah memilih Sumba Barat sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia untuk dikunjungi bertempat di Kampung Tarung Kecamatan Loli. Minggu, (26/01).

Wabup Toni juga menjelaskan adat istiadat orang Sumba Barat dalam menyambut tamu.

Miss Zozibini sangat tertarik dengan adat istiadat orang Sumba Barat apalagi cara berciuman ‘hidung dengan hidung’. Ia pun sangat senang sudah berkunjung di Sumba Barat, “alamnya sangat indah”, ujarnya.

Wabup Toni berharap dengan kedatangan Miss Universe ini, pulau Sumba khususnya Sumba Barat semakin dikenal di mata dunia dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung sehingga roda perekonomian masyarakat pun semakin meningkat.

Selanjutnya Wabup Toni didampingi Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas PMD, Kabag Umum, Kasubag Humas dan Dokumentasi dan Kasubag Tata Usaha dan Perjalanan Pimpinan pada Bagian Humas dan Protokol juga menyelempang kain kepada rombongan lainnya.
(moi)

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Wabup Toni Terima Kunjungan Kerja Komandan Pos Angkatan Laut

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP menerima kunjungan Kerja Komandan Pos Angkatan Laut, Letkol. Arif Budi R. didampingi Kapten Asep S. dan Letda Ismadi bertempat di ruang kerjanya. Kamis, (23/01)

Letkol. Arif pada kesempatan itu menyampaikan tujuan kunjungan kerjanya yakni dalam rangka silahturahmi sekaligus ingin membahas tentang survey pendahuluan
situasi laut di Kabupaten Sumba Barat baik di wilayah Utara maupun wilayah Selatan dalam rangka perencanaan pembangunan Pos Laut serta peningkatan keamanan laut di wilayah pulau Sumba secara umum.

“Dan juga melakukan pemetaan laut utara Sumba agar berguna untuk militer maupun pelayaran secara umum, mitigasi bencana maupun pengembangan pariwisata daerah dan nasional”, lanjut Letkol. Arif.

Sementara Wabup Toni dalam sapaannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mengucapkan terima kasih atas kunjungan Letkol. Arif dan rombongan.

“Pemkab Sumba Barat akan terus mendukung upaya pihak Angkatan Laut Republik Indonesia”, ujar Wabup Toni.

Selanjutnya Wabup Toni menginformasikan bahwa ada fasilitas pelabuhan laut di pantai selatan yaitu dermaga di pantai Rua Kecamatan Wanukaka yang juga perlu direnovasi untuk dimanfaatkan, selain dermaga Binanatu di Tanarighu pantai utara.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini