Day: March 17, 2020

Bupati Dapawole Tutup Dengan Resmi Kegiatan Lomba Foto Pasola 2020

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menutup dengan resmi kegiatan lomba foto Pasola Tahun 2020 bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati. Senin, (16/03)

Lomba Foto Pasola 2020 dengan thema “Pasola dibalik lensa” tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat bekerja sama dengan Event Organizer (EO) Lomba Foto Pasola. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari para fotografer dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya Bupati Dapawole memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat dan seluruh panitia terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat positif ini.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, terima kasih sudah membantu kami dalam mempromosikan adat budaya yang juga menjadi destinasi pariwisata di Kabupaten Sumba Barat”, ucap Bupati Dapawole.

Selanjutnya Bupati mengucapkan selamat kepada pemenang lomba. Jangan bosan-bosan untuk berkunjung ke Sumba dan mempromosikan pulau Sumba.

Sebagai bentuk dukungannya, Bupati Dapawole mengatakan akan berupaya agar tahun selanjutnya anggaran khusus untuk hadiah akan ditingkatkan lagi sehingga peserta bisa lebih semangat lagi mengikuti Lomba ini.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Charles H. Weru, S. Sos melaporkan ada 22 peserta dari 100 peserta yang diundang dalam kegiatan ini.

“Alasan ketidakhadiran peserta, salah satunya dikarenakan jadwal Pasola yang belum pasti saat itu dan alasan lainnya yaitu terkaitt dengan pencegahan Virus Corona yang sedang digalakkan di Indonesia saat ini”, lapor Charles.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah Lomba kepada pemenang oleh Bupati Dapawole. Juara 1 memperoleh hadiah uang pembinaan sejumlah Rp12.500.000,-, Juara 2 mendapatkan Rp10.000.000,-, dan Juara 3 mendapatkan Rp7.500.000,-.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan Administrasi Umum pada Setda Kabupaten Sumba Barat, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja Kabupaten Sumba Barat, Koordinator dan Direktur Event Organizer dan peserta Lomba Foto Pasola.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Evaluasi SPO 2020 oleh BPS Kab. Sumba Barat

Waikabubak – Rapat Evaluasi Sensus Penduduk 2020 dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumba Barat bersama Beberapa Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah yang tergabung dalam Tim Pokja Sensus Penduduk (SP) 2020. Kegiatan di buka oleh Kepala BPS Kabupaten Sumba Barat, Ir. Joke Ratna Christina.

(more…)

Bagikan Informasi Ini

Bupati Sumba Barat Menghadiri Sosialisasi Mekanisme Pelaporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara

Waikabubak – Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole, bersama Tim Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, dan pimpinan unit kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mengikuti Sosialisasi Mekanisme Pelaporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dilaksanakan pada hari Senin, 16 Maret 2020 di Aula Kantor Bupati Sumba Barat.

Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa ASN wajib mengisi LHKPN mulai dari Eselon II dan III terutama para sekretaris, sehingga apa yang disampaikan oleh KPK dapat terlaksana apalagi para calon bupati, kekayaan apa saja perlu ditulis. Beliau juga menghimbau agar ASN tidak boleh takut dalam mengisi daftar kekayaan. Berdasarkan data permintaan KPK, di Sumba Barat ada 215 orang yang wajib mengisi LHKPN dan masih 166 orang yang belum melapor LHKPN.

Spesialis Pendataan dan Pemeriksaan LHKPN, Amalia Rosanti menyampaikan bahwa pengisian LHKPN secara online sudah tidak menyulitkan, pelaporan tidak perlu menyampaikan dokumen – dokumen kelengkapan, hanya menyerahkan surat kuasa, jika laporan sudah lengkap, maka akan di-update, jika masih ada kekurangan, maka akan ada verifikasi belum lengkap dan akan dikembalikan ke draf. Beliau juga berpesan agar wajib LHKPN mengecek e-mail untuk mengetahui apakah LHKPN sudah lengkap atau belum. Bagi wajib LHKPN yang baru pertama kali melapor, dapat mengunduh formulir pendaftaran e–filling LHKPN pada website elhkpn.kpk.go.id.

Bagikan Informasi Ini

Pasola Pantai, Seru dan Menegangkan

Waihura-Seiring dengan terbitnya sang fajar di ufuk timur wanukaka, puluhan pasukan ‘ksatria berkuda’ wanukaka perlahan memenuhi tepian pantai Pahiwi Desa Waihura Kecamatan Wanukaka Senin 16 maret 2020. Lengkap dengan ‘kalabo dan hiasan kuda yang senada serta lembing di tangan, para ‘ksatria’ memacu kuda mereka menyusuri tepian pantai seraya menanti kedatangan Rato. Selepas melaksanakan ritual adat ‘Madidi Nyale’ para Rato atau imam dalam aliran kepercayaan marapu bergegas menuju arena atau tempat yang sudah ditetapkan untuk memulai ritual adat selanjutnya sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Pasola pantai.

 

Pelaksanaan pasola pantai masih berada disekitar tepi pantai Pahiwi dengan wilayah yang cukup luas dan permukaan yang lumayan datar. Keseruan pasola pantai dimana kedua kubu yang saling bertarung berhadap hadapan, memacu kuda dengan kecapatan tinggi sambil melemparkan kayu atau lembing kearah lawan yang mendekat. Ketangkasan dan kelincahan dalam menunggang kuda sangat diutamakan untuk bisa menyerang dan sekaligus menghindar dari serangan kayu atau lembing lawan.

Tidak ada pagar pembatas di sekeliling arena, masyarakat maupun wisatawan yang datang menyaksikan  atraksi pasola pantai dengan sendirinya menjaga jarak aman dari kayu atau lembing yang berterbangan di arena pasola. Walaupun menegangkan antusiasme masyarakat maupun wisatwan sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya penonton yang menyaksikan atraksi pasola pantai. (RED.DKIPS-JB)

Bagikan Informasi Ini