Day: March 18, 2020

DISDIK lakukan Pengambilan Pernyataan Menjaga Kerahasiaan Dokumen US,USBN dan UN

Waikabubak – 17/03/2020, bertempat di Aula SDN Tabulo Dara, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumba Barat melaksanakan Kegiatan Pengambilan Pernyataan Menjaga Kerahasiaan Dokumen Penyelenggaran Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Tingkat SD/MI ,  SMP/MTs dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Se-Kabupaten Sumba Barat Tahun Pelajaran 2019-2020.

Pengambilan pernyataan ini dilakukan untuk Panitia dan Pengawas Pelaksana Ujian yang akan dilaksanakan pada 13-18 April 2020 untuk Ujian Sekolah Tingkat SD/MI; 30 s/d 4 Maret USBN tingkat SMP/MTs; 20 s/d 23 April 2020  UN tingkat SMP/MTs dan 27 s/d 29 Mei 2020 USBN Tingkat SD/MI.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Disdik Kabupaten Sumba Barat, Drs. Sairo Umbu Awang, jumlah siswa SD/MI dan SMP/MTs yang akan mengikuti ujian tahun ini sebanyak 6466 orang, dan melalui Pengambilan pernyataan saat ini diharapkan panitia dan pengawas dapat mempunyai pemahaman yang sama tentang pelaksanaan ujian serta bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan ujian.

Pengambilan pernyataan dilakukan oleh Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, dan pada kesempatan tersebut Bupati mengatakan bahwa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tidak membuat panduan untuk pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN), keputusan ini merupakan tindak lanjut kebijakan dikembalikannya kewenangan menggelar ujian sekolah sepenuhnya kepada satuan pendidikan atau sekolah. Kebijakan tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional yang ditandatangani Mendikbud pada tanggal 10 Desember 2019.

Pemerintah memberikan kepercayaan kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan ujian, oleh karenanya kepercayaan ini jangan sampai disalahgunakan dengan menjaga kerahasiaan soal-soal ujian dan mengembangkan berbagai motode ujian untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

Selain Kepala Sekolah SD/MI, Kepala Sekolah SMP/MTs beserta Pengawas SD dan SMP se-Kabupaten Sumba Barat sebagai undangan, hadir pula pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Bagian Humas, unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat: Sekretaris, Kepala Bidang SD, Kepala Bidang SMP, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan dan Pelaporan, Kepala Seksi Kurikulum SD, Kepala Seksi Kurikulum SMP, serta Koordinator Pengawas Pendidikan. (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini