Month: <span>April 2020</span>

Wisma Mandaelu Telah Siap Menampung ODP

Waikabubak – Jumat, 24/04/2020, Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sumba Barat melalui Koordinator Pencegahan bersama tim telah tuntaskan pembersihan Wisma Manda Elu yang dipersiapkan sebagai tempat Karantina Terpusat Orang Dalam Pemantauan (ODP).


Ditemui disela kesibukannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sekaligus Koordinator Pencegahan Covid 19, Y. J. Dapamerang, SP, MM, menyampaikan bahwa hari ini DPMD beserta beberapa relawan sedang melakukan pembersihan 2 bangunan Wisma Manda Elu, melakukan penyemprotan desinfektan, serta memasang tandon air cuci tangan. Dengan harapan Wisma Manda Elu agar dapat segera dioperasikan sebagai lokasi karantina terpusat para ODP. Lebih lanjut disampaikan dari 2 bangunan tersebut terdapat 10 kamar yang siap digunakan. Sesuai dengan data yang ada saat ini sisa ODP sebanyak 7 org, sehingga jumlah kamar yang tersedia masih memenuhi.

 

Karantina terpusat bagi ODP ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan terhadap ODP dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus. Kendati demikian Pemerintah Daerah tetap berusaha menjamin kenyamanan para ODP dengan memberikan fasilitas lengkap di lokasi karantina, selain Kamar tidur dan perabot tidur masing-masing, ruang tamu, ruang makan, dapur, juga tersedia TV, dan nantinya kan disediakan jaringan internet (indihome). Juga keluarga ODP dari desa yang ditinggalkan akan mendapatkan bantuan logistik.

Lebih Lanjut Dapamerang mengajak seluruh komponen di daerah ini untuk bahu membahu memutus rantai penyebaran virus ini dengan mengikuti langkah langkah pencegahan penyebaran virus melalui cuci tangan pakai sabun (CTPS), pakai masker, jaga jarak, diam di rumah dan sebagainya. Kepada desa dan kelurahan, Kepala DPMD menghimbau agar segera melakukan karantina terpusat bagi pelaku perjalanan dalam pemantauan di wilayah masing-masing.


Diakhir penyampaiannya Koordinator pencegahan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Staf DPMD dan para Relawan yang telah membantu melakukan pembersihan dan persiapan ini. Hadir pula dalam kegiatan persiapan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dan Camat Kota Waikabubak. (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini

Bagian ESDM Dan Kehutanan Lakukan Sosialisasi Pencegahan COVID 19

Bodohula – 24/04/2020, Bagian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) dan Kehutanan Setda Kab. Sumba Barat lakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid 19, bertempat di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) Bodohula.


Kegiatan ini diperuntukkan bagi warga desa Bodohula yang tinggal di sekitar PLTBm, dengan fokus sosialisasi pada langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid 19 melalui melaksanakan Prilaku Hidup Sehat dengan rajin Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum dan setelah menyentuh sesuatu, penggunaan masker, larangan berjabat tangan, larangan bercium hidung pentingnya menjaga jarak dan tidak berkumpul-kumpul. Selain sosialisasi juga dilakukan pembagian masker dan edukasi CTPS yang benar.


Pada kesempatan tersebut Kepala Bagian ESDM dan Kehutanan, Grace W. Ora, S.Si menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilakukan, mengingat masih banyaknya warga masyarakat yang belum memahami tentang bahayanya Covid 19, sehingga cenderung mengabaikan anjuran pemerintah. Melalui sosialisasi yang dilaksanakan, Kabag berharap masyarakat Bodohula disekitar lokasi PLTBm dapat lebih memahami perlunya mencegah penyebaran Covid 19 ini. Lebih lanjut, Kabag juga berharap, kegiatan sosialisasi ataupun calling keliling terkait pencegahan penyebaran COVID 19 dapat dilakukan secara terus menerus disetiap pemukiman dan perkampungan.

Mengingat dalam masa darurat Covid 19 ini harus dilakukan social distancing, maka jumlah warga yang hadir saat itu sangat terbatas, hanya perwakilan saja. Kegiatan sosialisasi yang tetap mengutamakan jaga jarak tersebut, dihadiri pula oleh Sekretaris Desa Bodohula, Kepala Dusun 3 Boduhula, RT/RW setempat dan Kepala UTL (Usaha Tani lestari). (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini

Kadis KIPS Narasumber Webinar Save The Children

Waikabubak – 24/04/2020, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Kabupaten Sumba Barat diminta sebagai narasumber dalam webinar yang diselenggarakan oleh Save The Children untuk kegiatan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), dengan tema “Tantangan di Masyarakat dimasa Pelaksanaan Sosial Distancing di Sumba Barat”.

Webinar atau virtual seminar ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi microsoft teams. Pada Kesempatan tersebut Kepala DKIPS, Johanis Niga Leidju, S.Hut,MP, memberikan materi dengan judul “Peran DKIPS dalam Percepatan Penanganan Covid 19 di Kabupaten Sumba Barat”. Selain dari DKIPS terdapat 2 narasumber dari Save The Children, dr. Hanna K. Wadoe dan dari Surfaid, Yubi Pandarangga.

Dalam seminar tersebut, Kadis KIPS, menyampaikan sesuai tupoksinya DKIPS lebih berperan dalam memberikan sosialisasi dan informasi terkait covid19, baik secara konvensional melalui calling keliling, pembagian brosur juga pemasangan spanduk serta melalui media sosial dalam bentuk facebook GUGUS TUGAS COVID 19 SUMBA BARAT dan website covid19.sumbabaratkab.go.id. Secara keseluruhan kegiatan dilaksanakan secara terpadu dengan anggota gugus tugas lain, LSM, serta relawan. (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini

DLH Sumba Barat Pembersihan Pasar Lama

Waikabubak – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumba Barat hari ini Jumat, 24/04/2020 melakukan kegiatan pembersihan Pasar Terminal Lama Waikabubak di Kelurahan Wailiang, setelah ditinggalkan para pedagang yang pindah ke Lokasi Pasar Baru Weekerou.

Pembersihan ini dilakukan Petugas Kebersihan beserta staf DLH. Kepala DLH, Dedi Suyatno, S.TP, berharap setelah kegiatan pembersihan hari ini, kiranya para pedagang yang telah pindah semakin sadar dan tertib tidak kembali lagi ke lokasi pasar lama. Lebih lanjut Kadis LH, juga menyampaikan kebersihan di wilayah ini harus menjadi perhatian utama, karena sampah-sampah yang bertumpuk di lokasi ini selain mengganggu pemandangan, menyebabkan polusi bau udara yang tidak sedap, juga akan menyumbat selokan yang berakibat banjir di musim hujan. Terlebih disaat kita semua berupaya mencegah penyebaran COVID 19, kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Kiranya warga masyarakat sekitar pasar ini juga sadar dan dapat membantu pemerintah menjaga kebersihan lingkungan pasar lama.

Setelah kegiatan pembersihan nampak kondisi Pasar Terminal Lama lebih bersih dari sebelumnya, tumpukan sampah dari saluran drainase dan sekitarnya telah diangkut dan dibuang ke TPA, kontainer sampah sudah kosong. Sehingga diharapkan agar masyarakat tidak menyebar sampah di luar kontainer. Hadir pula saat kegiatan pembersihan Kasat Pol PP, Kodim 1613 Sumba Barat, Polres Sumba Barat, Camat Kota Waikabubak dan Resmob Sumba Barat. (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini