Day: June 15, 2020

Bupati Dapawole Serahkan Sertifikat Tanah Landreform Kepada Masyarakat Desa Puu Mawo

Waikabubak_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tol Tahun 2019 kepada masyarakat di Desa Puu Mawo Kecamatan Kota Waikabubak bertempat di Halaman Kantor Desa Puu Mawo. Senin, (15/06).

Dalam sambutannya, Dapawole mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumba Barat bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat untuk mendata tanah masyarakat yang belum bersertifikat, yang selanjutnya disertifikatkan seluruhnya berdasarkan anggaran yang tersedia.

“Kita harus bersyukur memperoleh kesempatan dalam kegiatan pensertifikatan tanah yang diprogramkan oleh pemerintah. Sertifikat yang kita peroleh dapat digunakan untuk memperoleh modal usaha melalui pihak ketiga seperti Bank dan Koperasi Simpan Pinjam sehingga perekonomian masyarakat semakin meningkat”, ujar Dapawole.

Dapawole menegaskan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumba Barat yang terkait agar berperan aktif dalam mensukseskan program ini, khususnya para Camat, Lurah dan Kepala Desa, sehingga masyarakat bisa memperoleh pelayanan yang sebaik-baiknya.

“untuk tahun 2020 ini, berdasarkan data dari Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat akan dilaksanakan pembagian sertifikat tanah sebanyak 7.000 sertifikat hasil kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2019, yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Sumba Barat”, jelas Dapawole.

Dapawole meminta kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat untuk dapat membina masyarakat petani yang telah bersertifikat ini dengan bantuan sarana produksi lahan pertanian karena telah jelas subyek dan obyek bagi bantuan tersebut.

Dapawole menyampaikan kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat tanah untuk menyimpan dan menggunakan sertifikatnya dengan baik. “Mari jadikan momentum penyerahan sertifikat ini sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah kita dan merapatkan barisan dalam rangka bersatu padu dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang agar Kabupaten Sumba Barat semakin maju dan sejahtera”, ajak Dapawole.

Sementara, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat Budianto S.Si mengatakan bahwa sertifikat yang diserahkan pada hari ini sejumlah 1.500 bidang hak milik dengan subyek penerima sertifikat sebanyak 265 KK.

Hadir pada kesempatan itu Pimpinan Perangkat Daerah terkait, Kepala Upt. Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Sumba Barat, Camat Kota Waikabubak, Kepala Desa Puu Mawo, Babin Kamtibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Puu Mawo serta masyarakat penerima sertifikat.
(moi)

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini