Month: <span>September 2020</span>

Apel Kerja Perdana Dengan Pjs. Bupati Sumba Barat Drs. Semuel. D. Pakereng, M.Si

Waikabubak. Hari ini Rabu 30 September 2020 diadakan apel perdana yang dimulai pada Jam 07.30 tepat dengan Pembina Apel Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat, Drs. Semuel. D. Pakereng, M.Si, yang menggantikan sementara Bupati definitive Drs. A. N Dapawole karena sedang melaksanakan Cuti Kampanya Pilkada 2020.

Dalam pembukaaan sambutannya Pjs. Bupati menegaskan bahwa semangat kerja ASN harus ditingkatkan. Kemudian Penjabat Bupati Sumba Barat menegaskan tentang Netralitas ASN dalam Pilkada Sumba Barat ini, apabila ada ASN yang ketahuan melanggar ketentuan atau memihak salah satu Konstituen secara terang-terangan dan Panwaslu menemukan  maka Penjabat Bupati tidak bertanggung jawab apabila ada sanksi yang diberikan.

Selanjutnya Pjs. Bupati juga menegaskan ASN harus membersihkan lingkungan baik itu Kantor maupun lingkugan rumah. Setiap hari Jumat Penjabat Bupati akan Canangkan Gerakan Peduli Sampah, dari jam 07.00 sampai jam 09.00 pagi.

Penjabat Bupati juga akan “Canangkan Gerakan Tanam Jagung” bagi seluruh masyarakat Sumba Barat.

Demikian juga Pejabat Bupati mengatakan bahwa Sumba Barat memiliki Destinasi Parawisata yang sangat Luar Biasa.

Dan yang tak kalah penting dari yang di sampaikan Pjs. Bupati Sumba Barat agar kita bisa cegah bersama Covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. Apabila ada pesta atau pertemuan-pertemuan keluarga agar di pending dulu untuk menekan penyebaran Covid-19. Seperti mau masuk minta, pesta dan lain-lain. Kalaupun ada usahakan dibatasi dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

Yang terakhir Pjs. Bupati mengatakan agar Upacara atau Apel cukup hari Senin saja dan Apel Kesadaran tiap tanggal 17 setiap bulannya, apel kerja hari rabu tidak perlu ada lagi selama beliau menjabat.

Apel dihadiri oleh seluruh Ketua OPD Kabupaten Sumba Barat dan seluruh ASN di Lingkup Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat Tiba di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat

Waikabubak, 28/09/2020 – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat terlihat antusias menanti kedatangan Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat yang akan tiba di rumah jabatan Bupati Sumba Barat. Pada beberapa hari yang lalu, yaitu pada tanggal 26 September 2020, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengukuhkan 6 (enam) Penjabat Sementara, menggantikan Bupati dan Wakil Bupati yang cuti kampanye Pemilihan Kepala Daerah. Untuk Kabupaten Sumba Barat, Penjabat Sementara yang dikukuhkan oleh Gubernur NTT adalah Drs. Semuel D. Pakereng, M.Si. Beliau bersama ibu dan keluarga tiba di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat pada hari Senin, tanggal 28 September 2020 dan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sumba Barat, Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Sumba Barat, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Barat, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Barat, dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Daniel B. Pabala, dalam sapaannya mengucapkan selamat datang kepada Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat. Ditambahkannya juga bahwa masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mendukung program-program yang merupakan tanggung jawab Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat. Adapun amanat tanggung jawab tersebut adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan yang berkaitan dengan penetapan kebijakan di wilayah Kabupaten Sumba Barat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati) Kabupaten Sumba Barat, membahas dan menetapkan rancangan peraturan daerah Kabupaten Sumba Barat, memberikan keamanan dan ketentraman bagi masyarakat Kabupaten Sumba Barat, dan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Dalam sepatahkata, Penjabat Sementara mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat atas sambutan yang hangat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat. Beliau juga menyampaikan bahwa kehadiran Penjabat Sementara Bupati untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan dan Penjabat Sementara juga memiliki hak dan kewenangan yang sama dengan Bupati, kecuali tidak melakukan mutasi dan membatalkan perjanjian atau kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati sebelumnya. Beliau juga mengajak semua elemen masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat untuk bekerja sama, terutama di masa kampanye pilkada, sehingga Kabupaten Sumba Barat menjadi yang terbaik dan menjadi contoh bagi kabupaten lainnya.

“mari kita bangun bersama, jangan dilihat waktunya, ah, hanya 71 hari saja. Seharusnya kita sama sama mendukung agar pilkada Sumba Barat menjadi contoh”, kata Samuel.

=== red.dkips_sb ==

Bagikan Informasi Ini

Ujian Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan Bagi Tenaga Fungsionl di Lingkup Kabupaten Suba Barat

Waikabubak-DKIPS, Pemerintah Kabupaten sumba barat melalui dinas kesehatan kabupaten sumba barat melaksanakan ujian kompetensi kenaikan jenjang jabatan bagi tenaga fungsionl di lingkup Kabupaten Sumba Barat 28 September 2020.


Dalam sambutannya, Kepla Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat drg. Bonar Bernandus Sinaga, M.Kes menjelaskan Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja pejabat fungdional kesehatan dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2017. Mengakhiri sambutannya Beliau berpesan “Agar peserta ujian dapat mengikuti ujian dengan serius dan membawa dokumen atau berkas yang valid dan benar-benar dilaksanakan di Fasiliaas Kesehatan tempat bekerja”.

Kegiatan Dilaksanakan di Aula Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat mulai dari tanggal 28 September 2020 sampai dengan 1 Oktober 2020 dengan Jumlah peserta yang mengikuti ujian Kompetensi sebanyak 64 peserta yang terdiri dari 4 orang perawat Ahli, 27 Orang Perawat Mahir dan 33 Perawat Terampil.
Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Michelia Rambu Lawu, S.Km yang ditemui menjelaskan Penguji yang terlibat pada kegiatan tersebut totalnya ada 6 orang, 3 org dari RSUD Prof.DR. W. Z. Johannez Kupang Provinsi NTT dan 3 Orang penguji dari Kabupaten Sumba Barat dengan kriteria memiliki Pangkat dan Golongan minimal setingkat lebih tinggi dari peserta ujian.

Bagikan Informasi Ini

Pembagian Bantuan Sosial Tunai APBN Tahap 6 bulan September 2020 hari Senin tanggal 28 September 2020


Pembagian BST di kelurahan kampung sawah khusus untuk warga Desa Puu Mawo, kelurahan Kampung Baru dan kelurahan Kampung Sawah. Hadir pada kesempatan ini petugas dari dinas sosial, petugas dr PT.Pos Indonesia, Babinsa dan perangkat Desa/ kelurahan dan unsur pegawal dari TNI.
Sesuai Data Bantuan Sosial Tunai yg disampaikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat terdapat 96 orang warga kelurahan kampung sawah yang menerima BST adapun besaran yang diterima oleh warga penerima manfaat Rp. 300.000,00(Tiga Ratus Ribu Rupiah) .
Harapan saya dengan adanya BST ini, bisa membantu perekonomian masyarakat khususnya warga kelurahan kampung sawah dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup di masa pendemi covid-19.
Pembagian BST berjalan dengan lancar dan tertib serta tetap mengindahkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 ini. Semua warga yang datang menggunakan masker, mencuci tangan dan melakukan physical distancing (jaga  jarak fisik). Perangkat kelurahan membantu untuk menertibkan jalannya kegiatan ini agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Melalui pelaksanaan protokol kesehatan ini diharapkan tidak terjadi penularan Covid-19 dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar. 

Bagikan Informasi Ini