WAKIL BUPATI TEGASKAN KOMITMEN PEMERINTAH ATAS KETERSEDIAAN AIR BERSIH.

Ketersediaan air bersih yang masih kurang di Sumba Barat saat ini harus menjadi perhatian semua pihak, terutama pemerintah daerah (pemda), kata Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP pada Selasa (09/10/2018) ketika melakukan tes titik-titik air untuk rencana pengeboran air tanah yang dilakukan oleh Kabid Air Bersih Dinas PU Kabupaten Sumba Barat.

Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP menegaskan akan komitmen Pemerintah Daerah dan terus berupaya menyediakan air bersih di Kabupaten Sumba Barat. Salah satu titik pengeboran air tanah untuk penyediaan air bersih yang telah sukses yaitu di titik Gelora Pada Eweta yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih rakyat Sumba Barat.

Dinas PU Kabupaten Sumba Barat menargetkan pekerjaan titik air ini untuk kebutuhan di kelurahan Pada Eweta dan sekitarnya dengan debit air 2,1 Liter per Detik atau Per 4 Jam full Bak dengan ukuran 36 meter kubik dan bisa mengairi 25 Rumah/Unit.

Masalah kesediaan Air bersih di Sumba Barat sendiri, bukanlah suatu hal yang dapat diselesaikan oleh satu sektor saja. Air bersih termasuk kebutuhan dasar terpenting dan sangat sensitif dalam kehidupan manusia, sekaligus menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Kebutuhan dan penggunaan air bersih dari tahun ke tahun semakin meningkat sejalan dengan berkembangnya penduduk dan perumahan. Permasalahan juga timbul dari kebutuhan air bersih yang semakin meningkat, hal tersebut dapat di lihat dari perkembangan masyarakat yang terus meningkat.

Permasalahan lainnya timbul dari ketersediaan air bersih yang tidak merata bagi masyarakat dan belum meratanya pelayanan penyediaan air bersih terutama di pedesaan dan sumber air bersih yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal.

Kedepannya, dengan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Daerah dan dukungan dari seluruh masyarakat di Sumba Barat, ketersediaan air bersih sudah tidak akan menjadi kendala lagi.

Sumber : Humas Sumba Barat

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *