APEL GELAR PASUKAN OPERASI ZEBRA TURANGGA

_Waikabubak – Humaspro SB_

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga Tahun 2018 bertempat di Lapangan Mandaelu, Kecamatan Kota Waikabubak, Selasa 30/10/2018.

Dalam kegiatan Apel tersebut, Bupati Sumba Barat didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumba Barat.

Bupati Dapawole, di sela-sela kegiatan itu mengatakan pelaksanaan kegiatan operasi zebra bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya,selanjutnya meminimalisir pelanggaran dan mencegah terjadinya laka lantas, dan juga meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

AKBP Michael I.Tahmsil,SIk, Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya ketika membacakan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Operasi Zebra Tahun 2018 menyampaikan, pelaksanaan apel operasi zebra tahun 2018 akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober s/d 12 November 2018 di seluruh Polda.

Lanjutnya, prioritas pelanggaran dan menjadi sasaran operasi adalah pengemudi kendaraan tidak melengkapi surat- surat kendaraan, dan melakukan hal – hal tidak terpuji seperti menggunakan handphone saat mengendarai kendaraan, mengkomsumsi narkoba, melaju di atas kecepatan yang di tentukan, pengemudi di bawah umur, dan pengemudi berboncengan lebih dari satu serta pengemudi tidak menggunakan helm, tegas Kapolri melalui Kapolres Sumba Barat.

Masih lanjutnya, dengan pelaksanaan operasi zebra dan berharap agar dapat mendorong tercapainya tujuan dari operasi, menurunnya Tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan Lalulintas, Meningkatkannya Kepercayaan masyarakat terhadap POLRI dengan terbentuknya Opini positif dan Citra tertib berlalu lintas dan dapat menciptakan terwujudnya situasi KAMSELTIBCAR Lantas menjelang Perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019.

Akhir amanatnya, Kapolri menegaskan beberapa pedoman serta arahan dalam melaksanakan tugas antara lain:
a. Pelihara dan jaga kesehatan saudara sehingga jiwa dan raga saudara selalu dalam keadaan prima dalam setiap pelaksanaan tugas.
b. Utamakan keselamatan dalam setiap pergerakan dan kegiatan.
c. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tunjukkan bahwa saudara adalah Polantas profesional.
d. Kepada para atasan pada semua level agar melaksanakan pengawasan secara berlapis dan berjenjang, sehingga Operasi Kepolisian “ZEBRA 2018” tidak dicederai oleh tindakan yang tidak terpuji.
e. Perlu disadari bahwa, pelaksanaan operasi kepolisian saat ini berada pada rentang waktu pentahapan pemilu presiden & wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten /Kota, oleh karena itu tindakan selektif dengan skala prioritas harus benar – benar dipahami oleh semua pelaksana lapangan. Sehingga tidak terjadi sesuatu yang bertentangan dengan tujuan Operasi Kepolisian.
f. Untuk Kasatops pada semua struktur Operasi baik pada tingkat pusat maupun kewilayahan, agar menginformasikan kepada semua Kementrian Lembaga, pimpinan Partai Politik, unsur yang berada pada Pemerintahan Daerah serta semua elemen masyarakat, sekaligus meminta dukungan mereka untuk selalu berkontribusi positif dalam hal Kamseltibcar Lantas dan dalam hal pemerikasaan kendaraan bermotor dijalan agar melibatkan POM TNI, kehadiran dan keberadaan unsur POM TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi, sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 

Hadir pada Apel Gelar Operasi Zebra Turangga 2018 yaitu Bupati Sumba Barat, Forkopimda Kabupaten Sumba Barat, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua Pengadilan Agama Wailabubak, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumba Barat, Para Perwira TNI/POLRI dan Para Peserta Apel.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *