BUPATI SUMBA BARAT SERAHKAN BANTUAN ALSINTAN KEPADA POKTAN SUMBA BARAT

Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani masyarakat Kabupaten Sumba Barat, Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole menyerahkan bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani Kabupaten Sumba Barat bertempat di Ruang Pertemuan Terbuka Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, KM 2 Jalan Adhyakasa Waikabubak, Selasa, 6 Nopember 2018.

Dalam arahannya kepada Kelompok Tani penerima Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) mengingatkan masyarakat petani di seluruh Kabupaten Sumba Barat terutama kelompok tani penerima bantuan untuk menggunakan sebaik-baiknya secara bersama-sama anggota kelompok lainnya, dengan demikian taraf hidup masyarakat Kabupaten Sumba Barat semakin hari semakin baik, kata Bupati Dapawole mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Dapawole meluruskan informasi yang beredar di masyarakat “bahwa Bupati dan para pejabat Pemkab Sumba Barat sering Dinas Luar Daerah, kurang memperhatikan masyarakat” “.Dengan tegas Bupati Dapawole meluruskan dan menegaskan, “saya dan para pejabat melakukan perjalanan Dinas ke Kupang, Jakarta semua untuk kepentingan daerah dan masyarakat Sumba Barat, dan salah satu hasilnya adalah bantuan Alsintan yang hari ini saudara – saudara terima, karena itu saya minta masyarakat tidak mudah percaya setiap informasi yang sengaja dihembuskan oleh pihak yang tidak senang dengan kondisi Kabupaten Sumba Barat yang semakin hari semakin baik”, tegas Dapawole.

Dalam arahannya Dapawole meminta para petani di Sumba Barat agar terus belajar,sehingga pola pertanian yang dilakukan semakin baik karena beradaptasi dengan perkembangan IPTEK terutama bidang pertanian.

Masih menurut Dapawole, “Pemerintah tidak sedikitpun berniat membuat rakyat sengsara,justru Pemerintah terus berusaha agar masyarakat dapat sejahtera lahir bathin. Karena kalau masyarakat sejahtera pasti negara kuat”, tutur Dapawole.

Sementara itu Kadis Pertanian Kabupaten Sumba Barat Ir. Amos Rihi Dida kepada Bupati Sumba Barat dan para kelompok tani memaparkan bahwa APBD Kabupaten Sumba Barat tidak cukup untuk menanggung beban pengadaan Alsintan dalam jumlah banyak,untungnya Pemerintah Pusat melalui APBN yang dituangkan dalam DIPA Kementerian terkait, Kabupaten Sumba Barat terus mendapatkan bantuan Alsintan untuk masyarakat petani Sumba Barat.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dan Penyuluhan Pertanian Ir. Umbu Sappi Pateduk mengatakan bahwa Alsintan yang dibagikan hari ini terdiri dari 2 unit tractor besar, 15 unit hand tractor yang bersumber dari APBD Provinsi NTT, APBD Kabupaten 10 unit hand tractor, serta hand sprayer, mesin tanam jagung, mesin tanam padi yang bersumber dari APBD Provinsi NTT TA 2018.

Pada akhir pertemuan Bupati Dapawole mengingatkan para kelompok tani agar membangun kebersamaan dengan para anggota kelompok dan bersama-sama memanfaatkan peralatan dan merawatnya secara baik, agar Alsintan yang ada berhasil guna dan berdaya guna membawa kesejahteraan bagi masyarakat pengguna khususnya dan kita yakin akan berimbas juga kepada masyarakat Sumba Barat.
(AP)

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *