BUPATI SUMBA BARAT BUKA DENGAN RESMI PELATIHAN PENGUATAN MANAJEMEN BAGI PENGURUS BUMDES SE – KABUPATEN SUMBA BARAT

Waikabubak-Humas SB_

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole “menantang” Kadis PMD Kabupaten Sumba Barat untuk membina BUM Desa di Sumba Barat sehingga paling lambat tahun 2020 harus ada satu atau dua BUM Desa yang akan menjadi BUM Desa percontohan baik pada level provinsi maupun nasional.

Demikian disampaikan Bupati Dapawole ketika membuka dengan resmi Pelatihan Penguatan Manajemen bagi pengurus BUM Desa dan kepala desa se- Kabupaten Sumba Barat bertempat di Aula Kantor Bupati, Senin (3/12/2018).

Bupati Dapawole dalam arahannya menegaskan pendirian BUM Desa didasarkan pada kebutuhan dan potensi desa, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang bertujuan meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa; meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat; serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemertaan ekonomi pedesaan.

“Sasaran pembentukan BUMDes yakni terlayaninya masyarakat di desa dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif dan tersedianya media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa sesuai potensi desa dan kebutuhan masyarakat,” tegas Dapawole.

Lebih lanjut Bupati Dapawole mengharapkan kepada peserta agar memanfaatkan momentum ini sebagai sarana memperoleh informasi dan pengetahuan. “Ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan pemahaman yang utuh dan komprehensif guna pelaksanaan pengelolaan BUM Desa secara baik terutama administrasi,” ujar Dapawole.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Y. Jefry Dapamerang, SP, MM dalam pengantarnya menjelaskan bahwa pelatihan ini digagas untuk memotivasi pengurus BUM Desa dan para Kepala Desa tentang arti penting BUM Desa bagi pengembangan potensi ekonomi di desa.

Dijelaskan pula oleh Jefry, dengan pelatihan ini dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship pengurus BUM Desa dan Kepala Desa. Terkait tantangan Bupati Dapawole, Jefry menyatakan siap merealisasikan keinginan tersebut. “Dengan dukungan semua pihak terkait, BUM Desa percontohan di Sumba Barat dapat tercapai,” kata Jefry.

Kegiatan pelatihan BUM Desa menghadirkan narasumber Rudy Suryanto, SE, M.Acc.,Ak.,CA selaku founder Bumdes.Id. Kegiatan pelatihan akan berlangsung selama dua hari dengan materi antara lain Cara Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha, Tata Kelola BUM Desa yang baik, Penyusunan renstra BUM Desa dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan serta Penatausahaan, Pencatatan dan Pelaporan Keuangan BUM Desa.

Acara pembukaan pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP, Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si, Staf Ahli/Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja.

Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *