Bunda Paud Sumba Barat Jadi Narasumber Dalam Pameran Paud HI

KUPANG_ Bunda PAUD Sumba Barat Dra. Metty H. Monteiro menjadi nara sumber pada Pameran dan Pembelajaran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) bertempat di Hotel Swiss Berlin Kupang. Kamis, 4 Juli 2019.

Bunda Paud didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumba Barat Y. Jefri Ndapamerang, SP, MM, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Sekretaris Dinas Pendidikan, dan Kabid Pembangunan Manusia dan Masyarakat.

Kegiatan yg difasilitasi oleh SAVE THE CHILDREN ini melibatkan beberapa Pemerintah Daerah yang merupakan Mitra kerja Save The Children diantaranya Provinsi NTT, Kota Kupang, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Belu, Kabupaten TTU, Kabupaten TTS, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan itu Bunda Paud menyampaikan beberapa capaian yang telah di laksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat dalam upaya pengembangan Pendidikan anak Usia Dini yang Holistik Integratif antara lain pengintegrasian Layanan pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak dalam satu Atap.

“Kami juga melakukan pengembangan kompentesi tenaga didik (tendik) Paud lewat pelatihan yang dilakukan oleh Dinas pendidikan, serta peningkatan kesejahteraan tendik PAUD”, ujar Bunda Metty.

Bunda Paud juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumba Barat menyediakan program peningkatan kompetensi bagi tendik PAUD lewat jalur Universitas Terbuka (UT), dan sampai dengan saat tahun 2019 sudah 190 orang tendik yang mengikuti program ini.

“Penyediaan sarana dan prasarana PAUD melalui APBD dan APBDESA yang mana sampai dengan saat ini sudah 48 desa yang membagun gedung PAUD. Tersedia pula beasiswa bagi masyarakat miskin lewat program beasiswa pendidikan Guru Paud, dalam hal ini kami bekerja sama dengan UK Petra”, lanjutnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Sumba Barat pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa alokasi Dana Desa saat ini tidak terlalu fokus pada pembangunan fisik melainkan lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat umumnya bidang pendidikan dan kesehatan pada khususnya.

Jefri juga mengucapkan terimakasih atas peran Save The Children membantu aparat desa dalam meningkatkan pendidikan di Kabupaten Sumba Barat.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *