Wabup Toni Hadiri Acara Puncak Harganas XXVI Tahun 2019

BANJARMASIN_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP menghadiri acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI di Banjar Baru Kalimantan Selatan. Sabtu, 06/07.

Peringatan Hari Keluarga Nasional ( HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera. Sesuai dengan Surat keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni.

Acara puncak berlangsung cukup meriah dengan berbagai kegiatan yang mewarnai acara tersebut. Kegiatan yang dipusatkan di kompleks perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan itu juga dihadiri sejumlah Kepala Daerah se-Indonesia.

Termasuk jajaran Kabinet Indonesia Kerja, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani yang hadir mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sekaligus membuka acara tahunan tersebut. Tampak hadir juga Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ibu Puan Maharani dalam sambutanya mengatakan Harganas yang diperingati setiap tahun bertujuan memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga.

“Keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial, ekonomi dan budaya. Keluarga berperan penting membangun budi pekerti, memperteguh pancasila dslam kehidupan bernegara. Keluarga Indonesia harus memahami jika Indonesia merupakan negara besar dan beragam. Keluarga harus menjadi tempat membangun sikap dalam menghargai perbedaan dan mengedepankan rasa persatuan keluarga Indonesia”, kata Puan Maharani.

Puan Maharani pada kesempatan itu juga mengatakan peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial saja. Harus direalisasikan secara konkret dalam keluarga Indonesia .”Apresiasi saya ucapkan kepada gubernur yang sudah menggelar acara ini dengan cukup meriah”, ujar Puan.

Terkait persoalan pernikahan dini, menurut Puan menjadi catatan serius untuk ditanggulangi bersama dan diatasi secara gotong royong. Data di BKKBN dan Kemenkes pernikahan dini khususnya perempuan sudah mulai menurun. “Sudah mulai banyak kesadaran yang dilakukan contohnya duta genre yang kemudian bersama- sama bisa mensosialisasikan pernikahan dini itu tidak akan menjadi lebih baik”, lanjutnya.

Puan Maharani berharap tahun ke tahun membangun keluarga Indonesia sejahtera dan tenteram, namun bukan cinta yang terencana. Keluarga Indonesia itu satu pondasi keluarga kecil sampai ke Indonesia . Cinta keluarga itu satu hal yg wajib kita lakukan , karena dari keluarga kita bisa membangun Indonesia yang baik,” Sebutnya.

Sedangkan Gubernur Kalimantan Selatan , H. Sahbirin Noor, berterima kasih kepada tamu dan undangan yang hadir dari seluruh nusantara. Ia juga mengajak untuk semuanya mencintai keluarga.

Dimomen Harganas ini Paman Birin (sapaan akrabnya gubernur kalsel) juga menganjurkan warga untuk berupaya untuk menghindari pernikahan dini, karena itu sudah jelas akan lambat sejahtera dalam kehidupannya.

Dalam menghadiri acara puncak HARGANAS Wabup Toni didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Anthoneta K. L. Dapawole, SE, Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan, Kepala Bidang KB, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Kasie Pendistribusian Alokon pada DPPKB dan Kasubag Protokol pada Setda kabupaten Sumba Barat.
(john)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *