Bupati Dapawole Lakukan Koordinasi di Kementerian ESDM

JAKARTA_ Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole menghadiri Rapat Kordinasi dengan Kementerian ESDM yang berlangsung di ruang rapat Direktorat Bio Energi EBTKE dengan Agenda Pembahasan terkait Rencana Penyerahan AsetPLTBm di Desa Bondosula Kecamatan Lamboya dan Keberlanjutan Pengoperasian PLTBm Bondosula Pasca Penyerahan Aset tersebut.

Bupati Dapawole didampingi Kepala BKAPDDrs. Daniel B. Pabala, Kepala Dinas PUPR Ir. Fredy Gah, Kabag ESDM dan Kehutanan Ir. Umbu Yappu Dapa Mede,Kabag Humas dan Protokol Ridho DJ. Samani, SKM, MSc , Kabid IPW Bappeda Yopi Malingara, S.STp.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Direktur Bio Energi Andriah Feby Misna. Pada kesempatan itu, Misna menyampaikan bahwa dengan dikeluarkannya surat dari Kementerian Keuangan tentang Persetujuan Hibah Barang Milik Negara selain tanah dan atau bangunan pada kementerian ESDMmaka perlu untuk segera dilakukan serah terima aset ke daerah agar dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.

“Kita harus segera pastikan bahwa alat tersebut dapat dimanfaatkan serta
kelangsungan operasionalnya dapat berjalan dengan baik”, ungkap Misna.

General Manajer PT. PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko yang juga hadir dlm pertemuan
tersebut mengatakan bahwa PT. PLN siap melaksanakan kerjasama pengoperasian PLTBm dengan Pemda Sumba Barat yang Konsep Pola kerjasamanya akan didiskusikan secara internal olehpihak PT. PLN dan akan disampaikan kepada Ditjen EBTKE pada minggu pertama bulan Agustus2019.

“Pada prinsipnya PT. PLN mendukung dan mengharapkan adanya pembangkit listrik
baru utk melayani masyarakat NTT umumnya dan Sumba Barat Khususnya”, ujar Ignatius.

Sementara itu Robiatna A. Fanhar yang hadir mewakili pihak PT. Usaha Tani Lestari mengatakan bahwa pihaknya telah menanam Kaliandra sebagai bahan baku pembangkit PLTBm seluas 40Ha. “Untuk selanjutnya pihak UTL menunggu kepastian kontrak jangka panjang minimal 10 tahununtuk eksoansi dan penanaman kembali tanaman Kaliandra”, lanjut Fanhar.

Bupati Dapawole pada kesempatan yang sama menyampaikanterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Pemda Sumba Barat untuk menerimadan mengelola Aset yg sangat besar ini. Hari ini kita bertemu untuk memastikan dengan benartentang kesiapan kita untuk menerima Aset tersebut.

“Pastikan dengan benar apakah PLTBm di Bondosula dalam kondisi baik dan lengkap, oleh karena itu sebelum dilakukan serah terimaaset maka harus didahului pengecekan secara bersama dilapangan tentang Kondisi PLTBm diBondosula, apakah masih sesuai dengan Pengadaan Awal atau tidak”, tegas Dapawole.

Bupati Dapawole mengharapkan agar secepatnya dilakukan pengecekan lapangan agar segera bisa dilakukan serah terima aset tersebut.

Selanjutnya Bupati meminta kepada pihak PT. UTL agar dapat memenuhi komitmennya dalam menyediakan bahan baku bagi PLTBm dan dapat meninjau kembali besaran biaya pembelianKaliandra dari masyarakat yang pada akhirnya agar dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya.
(Rdjs72)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *