Wabup Toni Lakukan Monev Dalam Rangka Kebersihan dan Keindahan Desa

WAIKABUBAK_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP melakukan monitoring evaluasi terkait kesiapan Kelurahan dan Desa dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 74. Kamis, (08/08)

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan keputusan hasil rapat bersama para Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Kota Waikabubak dan Loli pada hari Rabu, 24 Juli 2019 yang lalu bertempat di Ruang Rapat Wakil Bupati Sumba Barat.

Wabup Toni didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dedy Suyatno, S. TP, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat Dra. Metty H. Monteiro, dan Tim DEK.

Wabup Toni mengatakan bahwa hal ini dilakukan dengan tujuan utama adalah dalam aspek kebersihan dan keindahan lingkungan Kelurahan dan Desa, tidak hanya saat menyongsong HUT RI ke 74 tetapi terus berkelanjutan.

Wabup Toni saat turun ke desa-desa, menghimbau kepada Kepala Desa beserta aparat Desa agar terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kebersihan.

“Memang kita sadari bahwa partisipasi dan kesadaran masyarakat masih sangat kurang tetapi kita jangan menjadi kendor tetapi lakukan berbagai kegiatan di desa yang melibatkan masyarakat terkait kebersihan dan keindahan lingkungan”, ajak Wabup Toni.

“Pemerintah juga telah berupaya melakukan kampanye dan sosialisasi. Saat ini kami mencoba membangun kesadaran masyarakat dengan cara melakukan kegiatan Jalan Sehat sambil Pungut Sampah setiap hari Jumat, dengan rute yang berbeda tiap minggunya”, ujar Toni.

“Jangan kita bosan untuk menghimbau kepada masyarakat soal kebersihan, karena sesuatu hal yang terus menerus dilakukan akan menjadi kebiasaan. Oleh karenanya mari kita terus semangat dan kita hapus predikat Kota Waikabubak sebagai Kota kecil terkotor”, ujar Toni.

Ketua TP PKK menambahkan bahwa partisipasi masyarakat perlu ditingkatkan sehingga kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tapi juga tanggunggjawab semua pihak. “Pola pikir masyarakat yang perlu dirubah terlebih dahulu”, lanjut Metty.

Sementara Romo Fredy Sianturi, Pr mewakili Tim Dewan Evaluasi Kota (DEK) mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah melibatkan Tim DEK dalam kegiatan yang positif ini.

Romo Fredy juga menyampaikan hasil kesimpulannya setelah melakukan monev di 9 desa bahwa persiapan dalam rangka menyongsong HUT RI ke 74 ini, menurutnya masih belum mantap dilihat dari pemasangan umbul-umbulnya dan perbaikan pagar rumah masyarakat.

“Dan terkait kebersihan dan keindahan masih belum begitu baik karena rendahnya kesadaran masyarakat, harus diusahakan lagi sebaik mungkin dan perlu kerja keras yang lebih lagi bagi Kepala Desa dan jajarannya”, tutupnya.

Adapun jadwal monev hari pertama yaitu Desa Kodaka, Desa Tebara, Desa Kalimbu Kuni, Desa Modu Waimaringu, Desa Beradolu, Desa Sobarade Puumawo, Desa Dedekadu, dan Desa Lapale.
(Moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *