Bupati Dapawole Terima Tim PT. Solar Water Solutions Bersama Hivos

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menerima PT. Solar Water Solutions bersama Hivos di Stand Pameran Rumah Adat Setda Kabupaten Sumba Barat, Senin, (12/8).

Dalam suasana santai dan kebersamaan, Tim PT. Solar Water Solutions ( Perusahaan Firlandia) dan Hivos mempresentasikan maksud dan tujuan terkait rencana kerja sama yang ingin ditawarkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Hendri Pohan Simangunsong Tim PT. SWS memaparkan salah satu teknologi tenaga surya pengolahan air bersih ramah lingkungan yang memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan masyarakat, diantaranya proses membuat air minum dari air laut, air payau maupun air tanah yang terkontaminasi dengan memaafkan tenaga cahaya matahari.

Hendri menjelaskan teknologi unik yang memungkinkan 100% penggunaan tenaga surya (solar panels) untuk proses desalinasi yang dapat bekerja didaerah terpencil tanpa biaya energi dan mampu memproduksi dengan biaya yang hemat.

Selanjutnya, Feri Kristianto dari PT. Surya Utama Nuansa memaparkan sistem solar panels, dimana lebih difokuskan tentang energi yang dapat menghasilkan tenaga listrik di seluruh pelosok yang tidak terjangkau tenaga listrik PLN.

Feri menambahkan solar panels adalah sebuah Teknologi yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik lebih efisien dibandingkan tenaga disel.

Menanggapi prestasi tersebut, Bupati Dapawole mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi hasil presentasi dari PT. SWS dan Hivos yang mampu menjawab kebutuhan kekurangan air bersih dan tenaga listrik di Kabupaten Sumba Barat.

Hal ini sangat menguntungkan bagi Wilayah di NTT khususnya Sumba Barat yang memiliki potensi energi cahaya matahari yang cukup besar di bandingkan wilayah didaerah lainnya.

Bupati Dapawole berharap kiranya pertemuan malam ini menjadi awal yang baik, “saya minta PT. SWS dan Hivos dalam waktu dekat dapat kembali ke Sumba Barat guna bertemu langsung dengan para kepala desa dan pengusaha untuk menjelaskan secara detail manfaat dari teknologi SolarRo”, lanjut Dapawole

Ditempat terpisah, Yopi Malingara, SSTP dan juga Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah pada Bappeda Sumba Barat ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa Solar Water Solusion ini akan sangat membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih dan listrik didaerah pelosok yang belum terjangkau listrik sehingga perlu menjadi perhatian pengusaha perhotelan dan Pemerintah Desa melalui Bumdes bersama untuk mengambil peluang usaha ini dan kesempatan memperluas penerima manfaat air bersih di Sumba Barat.

Perlu diinformasikan Hivos adalah salah satu NGO yang bekerja sama dengan Kementerian ESDM dalam sekretariat bersama untuk membantu penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs.Umbu Dingu Dedi, MSi, Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD/Unit Kerja, Ketua TP.PKK Kabupaten Sumba Barat.

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *