Upacara ‘Joko Kaha’ Sambut Wakil Bupati Sumba Barat

TERNATE_ Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP disambut dengan upacara Joko Kaha saat menginjakkan kaki di Bandara Sultan Baabullah, Ternate, Selasa (03/09).

Wabup Toni tiba menggunakan penerbangan dari Makassar, dan tiba di Bandara sekitar pukul 12.45 WIT.

Dalam upacara tersebut, Wabup Toni harus mencopot sepatu dan kaos kaki yang dikenakannya, kemudian kakinya diletakkan di atas beberapa helai rumput yang tumbuh di tanah Ternate.

Upacara Joko Kaha, dilakukan oleh empat orang remaja putri berbaju adat warna kuning. Sebelumnya mereka mengalungkan bunga kemudian mempersilakan Toni duduk di atas kursi. Saat duduk, Toni lalu membuka sepatu dan kaos kaki kanannya. Saat itulah rumput yang dibawa salah satu remaja putri diinjak oleh Toni. Setelah menginjak tanah, kaki Toni dicuci dan kemudian baru bisa mengenakan kembali sepatunya.

Upacara ini berlangsung tak lebih dari lima menit. Setelah menginjak rumput, Toni juga mendapat hamburan beras warna warni. Selain Joko Kaha, kedatangan Toni juga disambut dengan tari ‘Soya-Soya’.

Menurut Thamrin Matsaoly, S.P., M. Si, Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Joko Kaha adalah upacara khusus buat tamu yang pertama kali datang ke Ternate.

”Sebelum mereka memasuki Ternate dan berkeliling, harus menginjak tanah pertamakali dulu. Itu sebagai penghormatan kepada tamu yang baru pertama datang kesini,” ujar Matsaoly.

Jika sudah pernah datang sebelumnya, upacara Joko Kaha tidak perlu dilakukan lagi. ”Ini adat untuk pejabat atau tamu-tamu kehormatan yang baru pertama kali ke Ternate,” lanjut Matsaoly.

Hadir pula Kepala Bagian Humas, M. Saiful Arsyad, S.H., M.E, dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Setda Kota Ternate, Sutopo Abdullah, S.E..
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *