Bupati Dapawole Meresmikan Peluncuran Festival Kampung Tarung Waitabar

WAIKABUBAK_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole meresmikan Peluncuran Festival Kampung Tarung bertempat di halaman Kampung Adat Tarung Weetabar. Selasa, (29/10).

Bupati Dapawole disambut meriah dengan tari-tarian dan pakalaka oleh warga kampung Tarung Weetabar, selanjutnya penyelempangan kain dari perwakilan warga kepada Bupati Dapawole.

“Apresiasi sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan ini, oleh karenanya kita harus mendukung kegiatan ini. Hal ini menyatakan bahwa kampung-kampung adat kita sudah banyak mengalami kemajuan”, kata Dapawole.

“Berhentilah saling mengkritik atau saling curiga satu dengan yang lain. Mari kita menjunjung tinggi persatuan sehingga apa yang hendak kita capai dapat terwujud”, tegas Bupati Dapawole.

Dapawole mengatakan kita pernah mengalami kebakaran kampung dan selanjutnya sudah dibangun kembali. Oleh karenanya kita jangan tenggelam dalam suasana berduka tapi mari kita bangkit untuk kemajuan kita bersama.

Pada kesempatan itu Dapawole menghimbau agar rumah-rumah di kampung adat dapat dijadikan penginapan bagi wisatawan. Agar perekonomian masyarakat di kampung semakin meningkat. Warga yang tinggal di kampung harus membersihkan kampung dari sampah terutama sampah plastik sehingga wisatawan senang berkunjung di kampung kita.

“Kalau kita mau kampung ini makin maju maka kita harus berbuat baik mendukung pemerintah dan lembaga-lembaga terkait yang ingin membangun kampung. Jangan mudah percaya akan isu-isu yang tersebar”, lanjut Dapawole.

Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat, Bupati Dapawole mengharapkan agar terus mendukung penyelenggaraan pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat.

Koordinator program Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika, Selfiana Yolanda mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar kita sudah mulai berpikir kampung ini menjadi Kampung Wisata Berbasis Adat. Karena kalau bukan kita yang melestarikan budaya kita, siapa lagi??

Sedangkan Camat Loli Samuel Manupele, S. Sos mengatakan saya selaku Camat mengucapkan terima kasih atas inisiatif Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika dalam menggerakkan kebutuhan-kebutuhan di kampung dimana kegiatan ini mendukung Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan serta Desa.

Harapan saya sebagai camat untuk kita bergandengan tangan mengembangkan adat budaya kita tanpa meninggalkan adat asli kita.

Selanjutnya Bupati Dapawole melakukan peninjauan pameran berupa kain-kain adat Sumba Barat, perlengkapan adat dan hasil pangan lokal yang telah diolah. Peninjauan diiringi tarian Dokale dari anak-anak di Kampung Tarung Weetabar.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Barat/Unit Kerja, Tokoh adat Kampung Tarung Weetabar dan Warga Kampung Weetabar.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *