Pemda Sumba Barat Bangun Kerjasama PLTBm Dengan PT. PLN

BALI_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP menghadiri Rapat Pembahasan KSO (Kerjasama Operasional) PLTBm (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa) antara Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dan PT. PLN (Persero) yang difasilitasi oleh Kementerian ESDM RI Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. bertempat di Hotel Bali Mandira Beach Resort & Spa. Rabu, (5/11).

Wabup Toni hadir didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si, Kepala BKAPD Daniel B. Pabala, Kabag Hukum B. Bepa Tobu, Kabag ESDM Umbu Yapu Ndapamede dan Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah ( IPW ) pada Bappeda Yupiter D. Malingara.
Hadir juga Kasubdit Penyiapan Program Bio Energi pada Ditjen EBTKE Kementrian ESDM RI, Troid Dili Susendi, dan pihak PLN pusat dan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT.

Pada kesempatan itu Wabup Toni menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumba Barat siap dan berani buat terobosan-terobosan baru untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Sumba Barat termasuk dalam penggunaan PLTBm Bodo hula 1 MW yang sudah di bangun dan akan beroperasi di wilayah Kab. Sumba Barat.

“Terkait penggunaannya banyak kendala atau masalah yang di hadapi, oleh karena itu Pemkab Sumba Barat melakukan kerapatan ini agar mencari solusi dan siap untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya itu pemerintah kabupaten Sumba Barat juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk secepatnya PLTBm Bodo Hula ini beroperasi agar masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya baik itu di bidang kelistrikan maupun lapangan pekerjaan ( penyiapan bahan baku ) yang memadai”, ujar Toni.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami dalam mengelola PLTBm Bodo Hula dan kepada Pihak PLN yang sudah mau bekerja sama dengan Pemda Sumba Barat dalam Pengelolaan, pemeliharaan dan pengelolaan nya nanti”, ucap Toni.

Wabup Toni pula mengatakan tentu ini sangat bermanfaat baik bagi masyarakat Sumba Barat khususnya masyarakat pedalaman yang hingga kini belum mendapatkan jaringan penerangan Listrik.

Wabup Toni juga berharap agar jangan sampe pihak perantara menjadi penghambat – penghambat dalam pengoperasian aset daerah ini, oleh karena itu pemerintah mengambil langkah untuk menghilangkan penghambat – penghambat tersebut sehingga menemukan solusi yang tepat dan bermanfaat selanjutnya menjadi jalan keluar untuk mencapai tujuan demi masyarakat Sumba Barat.

“Pemerintah Kabupaten Sumba Barat juga akan membahas hak dan kewajiban dgn PT. PLN ( Persero ) terkait pengelolaan dan pemanfaatannya nanti, selain itu Pemda Sumba Barat juga tidak ingin merugikan pihak manapun apalagi merugikan masyarakat yg adalah tujuan pembangunan ini, sehingga Pemda Sumba Barat mengaharapkan agar dapat diberikan kemudahan – kemudahan supaya secepatnya bisa di operasikan”, harap Toni.

Terkait penyediaan bahan Baku (tanaman Kaliandra), Wabup Toni mengharapkan agar dapat memanfaatkan lahan dan tenaga masyarakat sekitar sehingga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi rakyat sekitar.

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *