Wabup Toni Hadiri Acara Penyerahan Penganugrahan Penghargaan Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019

YOGYAKARTA_ Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP bersama Kepala Desa Tebara Marthen R. Bira dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumba Barat Y. Jefri Ndapamerang menerima Penganugrahan Penghargaan Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara, Desa Berkembang dengan Nominasi juara 2 Tingkat nasional yang di serahkan oleh Ketua Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendes PDTT (pembangunan daerah tertinggi dan transmigrasi) RI Dra. Lilik Umi Nasriiyah yang di dampingi oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Bapak Taufik Madjid, Kepala Balilatfo Bapak Eko Haryanto, Staf Ahli Mentri Bidang Ekonomi Lokal Ibu Ekatmawati.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggelar Penganugerahan Penghargaan Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta.
Penganugerahan tersebut dilakukan untuk memajukan sektor pariwisata di desa-desa yang ada di indonesia.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bapak Taufik Mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan satu hal yang sangat penting untuk kemajuan ekonomi yang ada di desa, karena hal tersebut menjadikan desa menjadi tulang punggung ekonomi di masa yang akan datang nanti.

Ini adalah upaya untuk terus dan terus lagi mamajukan pariwisata yg ada di desa yg ada di indonesia sebagai satu hal yang sangat penting untuk kemajuan ekonomi ini adalah hal yang pertama.

Yang kedua ingin memberikan penghargaan kepada seluruh pemerintah daerah baik kabupaten/kota, dan khususnya pemerintah desa yang berkomitmen untuk memajukan desanya terutama mengembangkan desa-desa wisata yang ada di daerahnya masing. Penganugerahan tersebut dilakukan guna memajukan sektor pariwisata.

Taufik menegaskan, Kemendes Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi akan terus bersama dan kolaboratif dengan kementerian/lembaga mendesain satu bentuk pengembangan desa wisata sebagai satu bentuk destinasi baru di dindonesia.

Hal ini sejalan dengan visi misi Presiden RI yang ditindaklanjuti Mendes PDTT yaitu memajukan dan menciptakan desa-desa wisata penyangga di 5 daerah superprioritas pengembangan wisata dan 10 destinasi Bali-bali baru.

Tantangan desa wisata menurutnya, di tata kelola dan Sumber daya manusia . Maka Kemendes PDTT akan menyelenggarakan bentuk-bentuk pelatihan melalui balai-balai yang dimiliki kementerian dan bekerjasama dengan para pegiat sadar wisata untuk peningkatan SDM kelola desa wisata. Kemudian, keterbatasan infrastruktur dan akses akan terus kolaborasi dengan pemerihtah daerah.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mulai tahun 2019 mengadakan Lomba Desa Wisata Nusantara dengan pengumuman lomba melalui website www.ditjenppmd.kemendesa.go.id,

Dari pendaftaran onlime yang di sediakan terdaftar dari 350 yang mendaftar, kemudian diverifikasi 158 desa yang mendaftar lomba dan melengkapi berbagai persyaratan via online; baik rekomendasi dari Dinas di Kabupaten, link video youtube, akun instagram, storytelling, dan paket wisata.

Selanjutnya dari 158 desa yang mengirimkan persyaratan lomba diperoleh 28 desa yang layak untuk proses verifikasi. Tim verifikasi berasal dari seluruh Direkorat Jenderal di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Platform Pariwisata, Tour Operator dan Marketplace (CAVENTER Indonesia, Wisatasekolah.com, Geotour, dan Traval.co.

Dari hasil verifikasi diperoleh 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Maju dan 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Berkembang.

Tim Juri berasal dari Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dewan Ketahanan Nasional, dan Praktisi Pariwisata.

Terdapat 6 pemenang untuk Desa Wisata Kategori Maju dan 6 pemenang Desa Wisata Kategori Berkembang.

Seluruh nominasi 10 besar Desa Wisata Kategori Maju dan 10 Kategori Berkembang juga mendapatkan hadiah berupa Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendukung Desa Wisata pada Tahun 2020.

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *