Ikut Rapat Koordinasi di Polres Sumba Barat, Bupati Dapawole Minta Kapolres Tindaklanjuti Akun Palsu Penyebar Berita Hoax

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mengikuti Rapat kordinasi Penanggulangan Covid 19 dan Persiapan Pengamanan Pelaksanaan Hari Raya Paskah dan Bulan Ramadhan 2020 di Wilayah Kerja Polres Sumba Barat bertempat di Aula Polres Sumba Barat. Rabu, (08/04).

Rapat dipimpin oleh Kapolres Sumba Barat AKBP. Khairul Shaleh, S.H, S.I.K, M. Si dalam arahannya mengatakan rapat kordinasi hari ini merupakan tindak lanjut atas Maklumat Kapolri terutama dalam menghadapi hari besar keagamaan Paskah dan Lebaran.

Kapolres menjelaskan bahwa situasi penyebaran Covid 19 juga terjadi melalui tempat-tempat ibadah yang dihadiri oleh banyak umatnya.

“Oleh karena itu, kehadiran kita dalam rapat ini untuk kita bersama – sama berkomitmen untuk memutuskan rantai penularan Covid 19 mengingat trend grafik kasus ODP di Kabupaten Sumba Barat terjadi peningkatan sehingga melalui upaya-upaya Sosial Distancing dan Physical Distancing diharapkan kasus Covid 19 bisa berkurang”, ujar Khairul.

“Secara khusus kepada pemimpin Agama untuk dapat mengarahkan Jemaat/Umat masing-masing agama untuk dapat mematuhi seluruh perintah dan petunjuk yang dikeluarkan oleh Pemerintah”, tegasnya.

Bupati Sumba Barat dalam kesempatan rapat tersebut mengatakan bahwa penanganan Covid-19 sudah dilakukan sesuai Protokol Penanganan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, akan tetapi disadari bahwa masih banyak kekurangan, akan tetapi pemerintah daerah akan terus berupaya melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada sehingga penanganan Covid 19 dapat dilakukan dengan optimal.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan keagamaan di tempat-tempat ibadah, Bupati Dapawole Menghimbau agar mengikuti apa yang dianjurkan oleh Pemerintah, bagi Umat Muslim dan Kristen tetap beribadah dirumah, akan tetapi lonceng gereja dan adzan tetap dibunyikan.

“Dalam rangka percepatan pencegahan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah membangun posko disetiap pintu masuk di perbatasan wilayah Kabupaten Sumba Barat guna memeriksa dan mendata setiap masyarakat yang baru datang dari luar daerah”, ujar Dapawole.

Diakhir arahannya Bupati Dapawole meminta kepada Kapolres Sumba Barat agar menindaklanjuti terhadap akun-akun palsu di media sosial yang memberitakan berita hoax dan informasi-informasi yang tidak benar terkait Covid-19, yang menyebabkan keresahan bagi Masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Sumba Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Tokoh agama Kristen, Khatolik, Islam, dan Hindu.

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *