PEMDA Sumba Barat Persiapkan Lokasi “KARANTINA TERPUSAT” Bagi ODP

Waikabubak – “Keselamatan masyarakat Sumba Barat adalah yang terutama” demikian penyampaian Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Sumba Barat didampingi Kadis Kesehatan dan Kadis PMD ketika meninjau lokasi yang akan digunakan sebagai tempat karantina terpusat bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Wisma Manda Elu, Minggu (19/4/2020).


“Untuk menjamin tertibnya ODP melaksanakan isolasi, Pemerintah Daerah akan menyiapkan lokasi karantina terpusat bagi para ODP,” kata Bupati. Lebih lanjut juga disampaikan bahwa selain Wisma Manda Elu, akan disiapkan beberapa tempat alternatif untuk pelaksanaan karantina terpusat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat, Drg. Bonar B. Sinaga, MKes, kepada media ini menjelaskan bahwa, status ODP selama ini yang dirilis oleh Gugus Tugas Covid 19 Sumba Barat, ditentukan oleh Tim dokter gugus tugas covid 19 Rumah Sakit Umum Daerah Waikabubak yang diketuai oleh dr Andre, Sp Obgin. “Terkait ODP siapa yang akan masuk karantina mandiri atau terpusat, tetap mempertimbangkan rekomendasi Tim Dokter Gugus Tugas Covid 19 RSUD Waikabubak sesuai protokol Kesehatan yg ditetapkan”

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yakobus Jefrison Dapamerang SP, MSi, mengatakan bahwa ODP yang dikarantina terpusat maupun mandiri yang berasal dari desa, pemerintah desa akan memberikan bantuan logistik berupa sembako bagi keluarga ODP tersebut.

Sampai dengan saat ini Pemda Kabupaten Sumba Barat tengah berupaya melakukan berbagai hal untuk mempercepat pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran COVID 19 di Kabupaten Sumba Barat secara bersama-sama dari pemerintahan desa, kelurahan, kecamatan serta berkolaborasi dengan semua jararan TNI/POLRI dan semua stake holder yang ada di Kabupaten Sumba Barat. (RED.DKIPS-JD/AR)

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *