Wisma Mandaelu Telah Siap Menampung ODP

Waikabubak – Jumat, 24/04/2020, Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sumba Barat melalui Koordinator Pencegahan bersama tim telah tuntaskan pembersihan Wisma Manda Elu yang dipersiapkan sebagai tempat Karantina Terpusat Orang Dalam Pemantauan (ODP).


Ditemui disela kesibukannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sekaligus Koordinator Pencegahan Covid 19, Y. J. Dapamerang, SP, MM, menyampaikan bahwa hari ini DPMD beserta beberapa relawan sedang melakukan pembersihan 2 bangunan Wisma Manda Elu, melakukan penyemprotan desinfektan, serta memasang tandon air cuci tangan. Dengan harapan Wisma Manda Elu agar dapat segera dioperasikan sebagai lokasi karantina terpusat para ODP. Lebih lanjut disampaikan dari 2 bangunan tersebut terdapat 10 kamar yang siap digunakan. Sesuai dengan data yang ada saat ini sisa ODP sebanyak 7 org, sehingga jumlah kamar yang tersedia masih memenuhi.

 

Karantina terpusat bagi ODP ini dilakukan untuk memudahkan pemantauan terhadap ODP dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus. Kendati demikian Pemerintah Daerah tetap berusaha menjamin kenyamanan para ODP dengan memberikan fasilitas lengkap di lokasi karantina, selain Kamar tidur dan perabot tidur masing-masing, ruang tamu, ruang makan, dapur, juga tersedia TV, dan nantinya kan disediakan jaringan internet (indihome). Juga keluarga ODP dari desa yang ditinggalkan akan mendapatkan bantuan logistik.

Lebih Lanjut Dapamerang mengajak seluruh komponen di daerah ini untuk bahu membahu memutus rantai penyebaran virus ini dengan mengikuti langkah langkah pencegahan penyebaran virus melalui cuci tangan pakai sabun (CTPS), pakai masker, jaga jarak, diam di rumah dan sebagainya. Kepada desa dan kelurahan, Kepala DPMD menghimbau agar segera melakukan karantina terpusat bagi pelaku perjalanan dalam pemantauan di wilayah masing-masing.


Diakhir penyampaiannya Koordinator pencegahan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Staf DPMD dan para Relawan yang telah membantu melakukan pembersihan dan persiapan ini. Hadir pula dalam kegiatan persiapan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dan Camat Kota Waikabubak. (RED.DKIPS-AR)

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *