Bupati Dapawole Lantik Penjabat Sekda Kabupaten Sumba Barat

Waikabubak_ Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole melaksanakan pengambilan sumpah janji dan pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat bertempat di Aula Kantor Bupati Sumba Barat. Kamis, (16/07)

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Sekda dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Anggota Forkopimda, Plh. Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Pimpinan BRI Cabang Waikabubak.

Penjabat Sekda juga dikukuhkan oleh Pdt. Eni N. Bora, S.Si.Teol, dan bertindak selaku Saksi yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs. Imanuel M. Anie, M. Si dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Barat Ir. Maruli Siagian, M. Si.

Bupati Dapawole dalam sambutannya mengucapkan Selamat kepada Bapak Drs. Daniel B. Pabala atas pelantikannya sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat sesuai dengan Surat Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat dari Gubernur NTT Nomor : 800/107/BKD.2.2, tanggal 09 Juli 2020.

“Semoga saudara dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, karena status Penjabat Sekda sesungguhnya sama dengan pejabat Sekda definitif”, ujar Dapawole.

Dapawole juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada saudara Yeremias Ndapa Doda, S. Sos yang telah menjalankan tugas dengan baik sebagai Plh. Sekda Kabupaten Sumba Barat.

“Diangkatnya Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat hari ini tidak lain karena adanya kekosongan jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat sejak 1 Mei 2020”, kata Bupati Dapawole.

Ada mekanisme baru dalam proses penetapan Penjabat Sekretaris Daerah. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda pasal 5 ayat 2, menegaskan bahwa Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Dan pasal 3 menegaskan masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 2 paling lama 6 (enam) bulan dalam hal Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas, dan paling lama 3 (tiga) bulan dalam hal terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.

Kemudian pasal 9 menegaskan bahwa Penjabat Sekretaris Daerah dilantik oleh Pejabat Pembina Kepegawaian paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak Keputusan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah ditetapkan.

Perpres ini adalah aturan pelaksanaan pasal 214 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya, Bupati Dapawole mengatakan bahwa pelantikan hari ini menjadi penting karena Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai tugas strategis yaitu membantu Kepala Daerah menyusun kebijakan dan pengkoordinasian administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, serta pelayanan administratif

“Saya berharap Penjabat Sekretaris Daerah dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Disamping itu juga, Penjabat Sekda harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kabupaten Sumba Barat berjalan sesuai dengan perencanaan”, harap Dapawole.

“Saat ini sudah memasuki tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Sumba Barat. Karena itu, sesuai asas netralitas, seorang Aparatur Sipil Negara tidak boleh berpihak dalam bentuk apapun dan kepada siapapun dalam konteks kepentingan Pemilukada”, tandasnya.

Oleh karena itu, Bupati Dapawole meminta kepada Penjabat Sekda dan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah untuk melakukan pengawasan kepada ASN di Perangkat Daerah/Unit Kerja masing-masing agar tetap menjaga netralitas dan tidak terjebak dalam politik praktis.

Diakhir sambutannya Bupati Dapawole mengatakan semoga Tuhan Yang Maha Pengasih senantiasa membimbing dan melindungi kita sekalian dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *