Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Serahkan Bantuan Aksesoris Pasola Wanukaka

Wanukaka, 19/02/2022 – Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH didampingi Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba, S.Pd bersama Camat Wanukaka dan Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan menyerahkan bantuan aksesoris pasola bagi para kasatria pasola Wanukaka yang bertempat di aula kantor Kecamatan Wanukaka. Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah, baik Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan dalam rangka menjaga dan memperkuat kelestarian dan keunikan pasola, serta pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa pasola bukan sekedar hiburan, tetapi lebih dari itu. Pasola mengandung makna dan nilai yang sakral sebagai wujud penghormatan kepada leluhur yang telah merintis pasola. Sehingga beliau berharap perlaksanaan atraksi pasola Wanukaka pada tahun 2022 dapat berjalan secara aman, damai dan kondusif.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian berkaitan dengan pelaksaan pasola Wanukaka tahun 2022. Pertama, diharapkan para kasatria pasola berbusana yang baik, lengkap dan khas. Bila perlu, masing-masing kampung menampilkan keunikan busana yang khas. Kedua, para kasatria pasola dilarang membawa senjata tajam dan mengkonsumsi minuman keras (alkohol), baik pada pelaksanaan ritual budaya Pajura, maupun atraksi Pasola. Ketiga, pelaksanaan ritual budaya Pajura dan atraksi Pasola tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada tempat yang sama, Wakil Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa pasola Wanukaka adalah pelaksanaan ritual adat yang sangat lengkap, sehingga pergelaran pasola di Kabupaten Sumba Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Beliau juga berharap dengan adanya perhatian pemerintah dapat menjadi perangsang bagi para kasatria pasola dalam rangka menjaga dan melestarikan keaslian pasola.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait, para Kepala Desa se-Kecamatan Wanukaka, para tokoh masyarakat dan para kasatria pasola wilayah Kecamatan Wanukaka.

=== kec.wnk-sb ===

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *