BUPATI DAPAWOLE HADIRI SEMINAR PRESENTASI HASIL BENCHMARKING PESERTA DIKLAT PIM IV TEMATIK KEPARIWISATAAN KABUPATEN SUMBA BARAT

_Bali – Humas SB_

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Seminar Presentasi Hasil Benchmarking peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Tematik Kepariwisataan Kabupaten Sumba Barat di Ruang Rapat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali, Selasa,26/3/2019 (malam).

 

Seminar Presentasi Hasil Benchmarking Peserta Diklat PIM IV terbagi dalam 4 kelompok sesuai dengan tema kepariwisataan yang diangkat.
Masing-masing kelompok berjumlah 10 orang yang terdiri dari Kelompok Budaya, Kelompok Kuliner, Kelompok Kebersihan dan Kelompok Industri Kreatif dan pemaparannya disampaikan oleh Ketua Kelompok masing – masing.

Bupati Dapawole dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali yang telah berkenan memberikan kesempatan para peserta Diklat PIM IV untuk melakukan seminar presentasi hasil Benchmarking selama beberapa hari di Bali.

Dapawole juga mengingatkan kepada peserta Diklat PIM IV agar banyak belajar selama berada di Kota Denpasar sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja aparatur melalui Diklat Kepemimpinan dengan Tematik Kepariwisataan sehingga hasilnya dapat diterapkan di Kabupaten Sumba Barat.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPSDM Dr. Ida Bagus Sedhawa,SE,M.Si mengatakan bahwa Bali terkenal akan Harmoni yakni hubungan antara manusia dengan manusia,hubungan antara manusia dengan alam dan hubungan antara manusia dengan sang Pencipta.

“Pariwisata Bali adalah pariwisata berbasis budaya.Lanjutnya mengatakan Sumba Barat juga sangat terkenal dengan budayanya yang merupakan aset penting bagi pengembangan kepariwisataan”, ujar Ida Bagus.

Ida Bagus juga menyampaikan saran dan penyempurnaan hasil seminar yang telah dilaksanakan oleh peserta agar dapat diimplementasikan dengan lebih baik kedepannya.

Bupati Dapawole pada akhir arahannya mengharapkan agar Benchmarking yang dilakukan oleh peserta dapat pula diadopsi dan diadaptasi untuk diterapkan dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya di Sumba Barat.

“Benchmarking Diklat PIM IV Tematik Kepariwisataan telah dilaksanakan selama dua hari yakni di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli dan Pemerintah Kota Denpasar.Setelah
Peserta melakukan studi dan pembandingan dengan data dan kondisi pariwisata di Kabupaten Sumba Barat,sy mengharapkan peserta dapat menerapkan atau melakukan inovasi atau perubahan di tempat asal khususnya di Unit Kerja masing-masing”, tutup Bupati Dapawole.

Hadir pada kesempatan tersebut, para Widiaiswara pada BPSDM Provinsi Bali, Kepala BKPP Kabupaten Sumba Barat dan para peserta Diklat Pim IV Tematik Kepariwisataan Kabupaten Sumba Barat Angkatan I Tahun 2019.
(moi)

Siaran Pers Humas dan Protokol Pada Sekretariat Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *