Bupati Sumba Barat Lantik 65 Kepala Desa
Facebook
Twitter
WhatsApp

www.sumbabaratkab.go.id. Waikabubak, Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH, di lapangan Kantor Bupati Sumba Barat, Jumat, 29 Desember 2023, melantik 43 Kepala Desa yang terpilih melalui Pemilu Kepala Desa serentak pada tanggal 23 Oktober 2023 dan 22 Penjabat Kepala Desa Persiapan di 6 Kecamatan Kabupaten Sumba Barat.

Bupati Yohanis Dade mengingatkan para Kepala Desa yang dilantik tentang tujuan pembangunan Desa sesuai Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yakni untuk meningkatan kesejahteraan dan kualitas masyarakat Desa, menanggulangi kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, membangun sarana dan prasarana desa, mengembangkan potensi ekonomi lokal, serta memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Selain itu, dalam situasi di mana terdapat kekosongan jabatan Kepala Desa, maka Bupati wajib mengangkat Penjabat Kepala Desa dari unsur ASN untuk mengisi jabatan yang lowong sampai dilaksanakannya pemilihan Kepala Desa.

Bupati Yohanis Dade mengharapkan adanya terobosan-terobosan dalam mengatasi persoalan yang dihadapi desa dan daerah sambil tetap menjaga transparansi, aturan serta landasan hukum dalam pengelolaan dana Desa. Desa harus mendukung program kerja Pemerintah Daerah terkait isu-isu strategis kemiskinan ekstrim, stunting, pengembangan kepariwisataan serta pemenuhan indikator SPM.

Selain itu, dalam memasuki tahun politik dengan Pemilihan Umum Presiden dan anggota DPR RI, DPD, DPR Propinsi dan DPRD serta Pemilihan Umum Gubernur dan Bupati/Walikota, Bupati menyampaikan tiga pesan : menjaga netralitas, melaksanakan tugas masing-masing dalam mensukseskan Pemilu dan Pemilukada, dan selalu mengingat adanya sangsi yang berlaku.

Pemerintah Daerah juga berterima kasih kepada para mantan kepala desa, instansi Pemerintah, lembaga legislatif, TNI-POLRI dan para pemangku kepentingan lainnya yang telah berkontribusi mensukseskan pemilihan Kepala Desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Wakil Bupati Sumba Barat, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Dandim 1613, Kepala Kepolisian Resort (Polres), Ketua Pengadilan Agama, Staf Ahli dan Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan Unit Kerja,  para Camat serta Rohaniawan,

Narasi: Odie

Foto: Prokopim

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top