DENGAN DUKUNGAN PSI, SATGAS COVID-19 SUMBA BARAT LAKUKAN MONEV KESIAPAN SD

Waikabubak – Sabtu, 28/11/20, dijumpai disela-sela kegiatan Vidcon di Ruang Rapat Bupati Sumba Barat, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat, Ir. Yanis Eklemens Luther Chr Loebaloe, sekaligus sebagai Wakil Ketua 3 Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat, mengatakan bahwa Tim Satgas Covid telah selesai melakukan monev kesiapan SD untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Yanis Loebaloe menyampaikan, kegiatan monev yang dilakukan pada 92 SD/MI se-Kabupaten Sumba Barat, selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 23 s/d 25 November 2020, dapat terlaksana atas dukungan pendanaan dari Perkumpulan Stimulant Indonesia (PSI) dan Save The Children (STC). Dengan melibatkan 12 personil Satgas Covid dan 6 Pengawas yang terbagi dalam 6 Tim Monev.

Sesungguhnya monev kali ini untuk menindaklanjuti hasil survey monev kesiapan yang telah dilakukan para pengawas sebelumnya, namun belum tuntas. (Baca: PSI Gelar Hasil Monev Pengawas SD). Dan berdasarkan hasil monev kali kedua ini, Satgas akan mempertimbangkan pemberian Rekomendasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka  SD/MI di Kabupaten Sumba Barat. Demikian jelas Yanis Loebaloe.

Lebih Lanjut juga dijelaskan bahwa hasil monev kedua telah selesai dibahas dalam kerapatan Jumat lalu, 27/11/20 di Kantor BPBD Kabupaten Sumba Barat, yang dihadiri  Perwakilan Dinas Pendidikan, Perwakilan Dinas Kesehatan, Para Pengawas yang melakukan monev serta PSI. Berdasarkan analisa hasil monev diketahui  penilaian terhadap 10 Indikator Utama menunjukkan bahwa 80,33 % SD/MI sudah siap untuk melakukan KBM tatap muka, sedangkan hasil analisa terhadap 10 Indikator Tambahan menunjukkan 79% SD/MI sudah siap melaksanakan KBM tatap muka langsung.

Sehingga berdasarkan hasil Analisa tersebut, disimpulkan bahwa sesungguhnya SD/MI siap melaksanakan KBM Tatap muka. Untuk itu Tim Satgas akan menerbitkan Rekomendasi dengan kurang lebih tercatat 11 rekomendasi yang harus diperhatikan oleh sekolah, pengawas, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan apabila proses KBM tatap muka dibuka kembali. Rekomendasi ini direncanakan akan ditanda tangani oleh Pjs. Bupati Sumba Barat sekaligus Ketua Umum Satgas Covid-19,  hari senin mendatang, 30/11/2020.

Di akhir penyampaiannya Wakil Ketua 3 Satgas Covid menyampaikan bahwa, apabila rekomendasi tersebut telah ditandatangani, maka SD/Mi dapat melakukan KBM tatap muka, dan kurang lebih 2 bulan sejak pelaksanaan KBM tatap muka, akan dilakukan monev kembali oleh Tim atas tindak lanjut pelaksanaan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh Satgas selama proses KBM tatap muka dilangsungkan kembali. (RED.AR-DKIPS)

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *