DP3A Bentuk dan Bina Forum Anak Tingkat Kecamatan

Waikabubak- Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melaksanakan Pembentukan dan Pembinaan Forum Anak Daerah Tingkat Kecamatan di Kabupaten Sumba Barat Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di setiap Kecamatan se-Kabupaten Sumba Barat, yaitu Kecamatan Laboya Barat, Kecamatan Lamboya, Kecamatan Wanukaka, Kecamatan Tana Righu, Kecamatan Loli, dan Kecamatan Kota Waikabubak.

Forum Anak adalah wadah dan sarana dalam menyampaikan aspirasi yang berhubungan dengan anak. Sebagai wadah, Forum Anak merupakan tempat partisipasi anak dalam menyampaikan hak-hak yang berhubungan dengan pemenuhan hak anak. Sedangkan sebagai sarana, Forum Anak merupakan saluran pemenuhan hak anak. Hak-hak anak yang diprioritaskan dalam Forum Anak adalah hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, hak partisipasi, dan hak pendidikan.

Manfaat pembentukan Forum Anak Daerah, terutama bagi anak-anak adalah terjaminnya pemenuhan hak-hak anak, tersedianya sarana dan prasarana tumbuh kembang anak, membangun percaya diri dan meningkatkan kemampuan pada anak serta anak-anak akan ditingkatkan kapasitas, pemahaman, pengetahuan, kesadaran, dan perannya sebagai pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak

Selain itu, Forum Anak juga merupakan salah satu indikator demi mewujudkan Kabupaten Layak Anak, yang dimulai dari Desa Layak Anak dan Kecamatan Layak Anak. Sehingga, demi mewujudkan Kabupaten Layak Anak, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas P3A mengharapkan kerja sama dan koordinasi dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa mendeklarasikan dan mensukseskan Forum Anak Daerah. Dengan adanya Forum Anak, pemenuhan hak-hak anak dapat dicapai dan permasalahan yang berhubungan dengan anak, misalnya kurang gisi dan stunting dapat diminimalisir. (red-lis)

Bagikan Informasi Ini

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *