Sponsorship dan Gerakan Literasi

Waikabubak, 15 Oktober 2021. Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan taraf kehidupan bangsa. Semakin baik pendidikan suatu bangsa, semakin baik pula kualitas bangsa itu sendiri. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam pendidikan adalah literasi peserta didik. Literasi merupakan salah satu aspek penting yang harus diterapkan di Lembaga Pendidikan, dan akan sangat baik jika dimulai sejak usia dini.  Melalui kegiatan literasi, akan membiasakan anak-anak untuk membaca dan menambah informasi bagi siswa. Manfaat lainnya dapat memupuk minat dan bakat dalam diri peserta didik. Semuanya dapat tercapai jika mendapat dukungan dari semua pihak, orangtua, masyarakat dan pemerintah.

Menanamkan budaya literasi kepada anak-anak, tidaklah segampang membalik telapak tangan. Selain Lembaga Pendidikan, diperlukan dukungan dan peran serta dari masyarakat dan orangtua. Masyarakat berperan menyediakan akses bacaan kepada anak, sementara orangtua membentuk budaya literasi anak dari dalam rumah. Salah satu peran orangtua di rumah adalah mendampingi anak belajar, namun tidak semua orangtua memiliki pengetahuan yang sama. Kondisi ini dipengaruhi oleh keterbatasan dari berbagai aspek, antara lain; ekonomi, waktu, pendidikan, dan lain sebagainya.  Untuk mencapai kemampuan literasi terbaik anak, diperlukan program yang dapat menggerakan percepatan literasi bagi anak. Gerakan untuk mendukung percepatan literasi anak, dengan menyediakan perpustakaan, pojok baca atau pos baca dan lomba literasi.

Program Basic Education (Pendidikan Dasar/BE) Sponsorship yang dilaksanakan oleh Stimulant Institute mitra Yayasan Save the Children, telah melaksanakan tiga kegiatan yang dapat mendukung percepatan literasi. Aktivitas ini dilakukan ditingkat sekolah dan komunitas. Kegiatan berbasis sekolah, meliputi pengembangan perpustakaan, pelatihan duta baca dan lomba literasi, sementara pos baca berbasis komunitas diperuntukan bagi anak-anak yang belum mampu membaca dan menulis, dengan pendampingan dari para relawan. Lomba literasi dapat dilakukan seperti; menulis, menggambar, membaca dan sebagainya.  Untuk dapat menyelenggarakan lomba literasi bagi peserta didik, perlu memperhatikan; lingkungan yang nyaman, empati dari semua pihak, rasa memiliki dan mencintai atas apa yang akan dilakukan, komunikasi dan kontribusi kepada lingkungan, dan melibatkan semua warga sekolah. Sejak tahun 2020, Sponsorship telah menyelenggarakan lomba literasi bagi peserta didik SD. Dan kegiatan ini, terus berlanjut hingga tahun 2021.

Tahun 2021, 54% atau 49 dari 91 SD, di kabupaten Sumba Barat dengan total 1410 peserta didik terlibat dalam perlombaan ini. Hasil karya anak akan didokumentasikan dalam bentuk buku, dan didistribusikan ke Lembaga Pendidikan, pos baca dan perpustakaan daerah.

‘Kami menyelenggarakan lomba literasi bagi peserta didik SD, karena situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak sekolah ditutup sementara anak-anak membutuhkan aktivitas yang dapat mendukung kemampuan literasi mereka, ujar Adriana Loru (Koordinator Program BE, 15/10).

Menurut Adri, situasi pandemi, telah mempengaruhi hasil belajar anak, dan ini terjadi di semua wilayah. Tentunya anak-anak membutuhkan kegiatan yang dapat mendukung peningkatan literasi. Upaya yang kami lakukan sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan minat baca dan belajar anak. Bagi kami, dengan berkarya anak belajar dengan belajar dapat meningkatkan kualitas Pendidikan. Dasar ini yang memicu kami untuk melakukan gerakan literasi, tegas Adri.

Anak-anak adalah investasi bagi orangtuanya dan bangsa. Anak yang berkepribadian baik tidak saja membuat bahagia orangtuanya, tetapi akan berperan dalam membangun bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan orangtua adalah membentuk budaya literasi anak. Budaya literasi anak tidak cukup diupayakan dengan program gerakan literasi, namun gerakan literasi sebaiknya dimulai dari rumah. Gerakan literasi membutuhkan dukungan dari banyak pihak, yang dapat menyediakan akses dan fasilitas yang mendukung literasi anak. (PSI, RED)

 

 

 

 

 

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *