EVALUASI PENYELENGGARAN STATISTIK SEKTORAL (EPSS) KABUPATEN SUMBA BARAT
Facebook
Twitter
WhatsApp

www.sumbabaratkab.go.id Waikabubak, 7/3/2024. Bertempat di Hotel Pelita, Plh. Sekretaris Daerah Ir. Yanis Loebaloe, M. Si membuka dengan resmi kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang mana kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumba Barat. Dalam sambutannya, dikatakan bahwa data adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga data wajib disiapkan sesuai dengan kriteria dan kebutuhan yang ada pada tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah Sumba Barat. Diharapkan kedepannya kegiatan ini akan mengarah pada Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan data pemerintah untuk menghasilkan tata Kelola data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan kode referensi dan data induk. Cakupan data berdasarkan Perpres 39 Tahun 2019 dan Permen PPN/Bappenas Nomor 16 Tahun 2020. Dalam struktur Forum SDI tingkat Kabupaten/kota Bapelitbangda selaku sekretaris/koordinator antara Pembina Data (BPS), Wali Data (Dinas KIPS) dan Produsen Data (OPD) lingkup Pemerintah Daerah harus betul – betul berkolaborasi dalam hal penyusunan data yang akan disajikan dalam SDI dengan berpegang pada prinsip yaitu :

  1. Standar data ;
  2. Metadata ;
  3. Interoperabilitas data ;
  4. Kode referensi dan data induk.

Dengan tetap memperhatikan indikator penilaian EPSS melalui aplikasi Simbatik diharapkan nilai EPSS tahun ini untuk Kabupaten Sumba Barat menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral ini diikuti oleh admin – admin OPD lingkup Pemda Sumba Barat yaitu Bapelitbangda, Dinas KIPS, BPS, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Kantor Kementerian Agama, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Badan KPSDM, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas PKO dan Bapenda.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bapelitbangda, Kepala BPS dan Sekretaris Dinas KIPS. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penjelasan dan diskusi  teknis terkait EPSS bagi para admin dan diakhiri sesi foto bersama.

 

Narasi : roswaty

Foto : jeckson

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top