Pelatihan Fasilitator Kerjasama dengan Dinas Pendidikan

Waikabubak, 08 Maret 2021. Dinas Pendidikan kabupaten Sumba Barat bekerjasama dengan Perkumpulan Stimulant Institute (PSI) mitra Save the Children, menyelenggarakan Pelatihan bagi Fasilitator Modul Revisi Pertemuan Orang Tua. Pelatihan bertempat di Aula Bappeda, dan dilakukan selama  tiga  hari sejak tanggal 08 sampai 10 Maret 2021 yang di hadiri oleh tenaga pendidik dari empat PAUD piloting. Dua PAUD dari Sumba Barat yakni PAUD Bunda dan TK Kristen Milla Ate dan dua PAUD dari Sumba Tengah yakni PAUD Teladan Kasih dan TK Kristen Waibakul. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan  kapasitas pengetahuan dan ketrampilan fasilitator tentang modul parenting).

Kegiatan ini di buka oleh PSI yang diwakili oleh Frans Da Lopez Koordinator ECCD. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Pemerintah pusat maupun daerah telah membuat sebuah metode kelas pengasuhan yaitu BKB HI. Layanan ini biasanya dilakukan di Posyandu atau kantor desa dengan jumlah peserta yang sangat banyak. Namun, pada masa pandemik Covid-19, kegiatan parenting dengan konsep ini tidak dapat dilakukan karena telah diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Januari 2021 sesuai Peraturan Bupati Kabupaten Sumba Barat. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pengasuhan lain yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak mereka walaupun berada di masa pandemic ini. Stimulant bersama Save the children akan membuat piloting kelas pengasuhan dengan modul yang telah direview dimana didalamnya terdapat materi pengasuhan yang positif, perkembangan anak, gender, kesehatan dan nutrisi keluarga. Piloting kelas pengasuhan ini dilakukan dilakukan pada dua lembaga PAUD dengan menyasar langsung kepada orang tua anak PAUD di lembaga PAUD tersebut. Piloting kelas pengasuhan ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam mengasuh anak  sesuai dengan tahapan perkembangan usia anak mereka. Membuka kegiatan pelatihan, Frans membacakan penggalan kutipan penyair Khalil Gibran “Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra putri sang hidup, yang rindu akan dirinya sendiri”. Kutipan ini menyemangati peserta untuk terlibat aktif daalam kegiatan pelatihan.

Fasilitator utama dalam pelatihan adalah Yoan Ida Paubun Specialist ECCD Save The Children dan dibantu oleh fasilitator pendamping dari PSI dan Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW). Yoan menyampaikan bahwa masa usia dini yang biasa disebut golden years adalah masa dimana anak dapat menyerap semua rangsangan dengan sangat cepat dan membantu proses perkembangan dengan baik. Pada masa ini, peran orang tua sangat diharapkan untuk dapat menstimulasi dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan penuh kasih sayang.  Kemampuan untuk mengasuh anak yang baik perlu dipelajari oleh semua orang tua atau pengasuh. Kurangnya kemampuan orang tua atau pengasuh dalam mengasuh anak akan mempengaruhi aspek perkembangan anak usia dini.

Perwakilan peserta atas nama Krista Sababalat (tendik TK Kristen Milla Ate) menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi modul yang sebelumnya 13 sesi dan kali ini menjadi 10 sesi, selain itu lebih mudah bagi kami untuk di praktekan. Semoga pelatihan ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi peserta dalam memfasilitasi sesi Pertemuan Orang Tua (Parenting) di 4 ECCD piloting Sumba Barat dan Sumba Tengah. (PSI-RED)

Bagikan Informasi Ini