Pencatatan Sipil Massal Di kelurahan Weekarou

Weekarou, Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Sumba Barat bersama Kelurahan Weekarou melakukan Pencatatan Sipil massal bagi 18 pasangan suami istri, kegiatan ini berlangsung di Aula kantor Kelurahan Weekarou pada Jumat, 16 Desember 2022.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjelaskan pentingnya melakukan pencatatan sipil untuk memperoleh kepastian hukum tentang status perdata seseorang yang mengalami peristiwa hukum. Kepastian hukum sangat penting dalam setiap perbuatan hukum, apakah ada hak dan kewajiban hukum yang sah antara pihak – pihak yang berhubungan hukum tersebut, hal yang sama disampaikan pula oleh Lurah Weekarou. Kepastian hukum mengenai Kelahiran, menentukan status perdata seseorang, dan mengenai kasus Perceraian menentukan status perdata seseorang untuk bebas mencari pasangan hidup. Ditambahkan pula kepastian hukum mengenai kematian, menentukan status perdata seseorang sebagai ahli waris maupun keterbukaan ahli waris.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi rasio terjadinya nikah dibawah tangan tanpa kepastian hukum, sehingga dengan tercatatnya pernikahan oleh negara maka akan memberikan kepastian hukum terkait dengan hak – hak suami/istri, kemaslahatan anak maupun efek lain dari perkawinan itu sendiri.

Tim Redaksi

Bagikan Informasi Ini