Pertemuan Evaluasi dan Perencanaan Agenda Kerja Tim Community Mobilization

Waikabubak, 26 Februari 2021. Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) memfasilitasi pertemuan evaluasi dan perencanaan agenda kerja tim Community Mobilization (mobilisasi masyarakat). Pertemuan evaluasi dan perencanaan kegiatan melibatkan Mitra – Stimulant Sumba, Save the Chilldren, Taman Pawodda, P3MD dan dinas terkait, antara lain; BPBD, dinas Pendidikan, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas P2KB, dinas P3A, dinas PMD, disdukcapil dan DKIPS.

Ketua Taman Pawodda kabupaten Sumba Barat, Lukas L. Gallu SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini ada keterkaitan dengan Taman Pawodda atau gugus tugas PAUD HI. Tujuan dari Taman Pawodda adalah meningkatkan layanan kesejahteraan, kesehatan ibu anak dan pendidikan anak usia dini. Dukungan dan keterlibatan dinas terkait sesuai perannya dapat membantu pencapaian tujuan dari Taman Pawodda. Pandemic Covid-19, pelaksanaan program tahun 2020 tidak berjalan dengan maksimal, seperti kegiatan posyandu dan proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan institusi. Kami berharap, melalui pertemuan ini, dapat menentukan pendekatan dan langkah strategis untuk pelaksanaan tahun 2021.

Kepala Bappeda Titus Diaz Liurai S.Sos MM, dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan pertemuan evaluasi dan perencanaan tim CM, menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki makna cukup strategis, mengevaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan tahun lalu.  Permasalahan yang ditemui tahun lalu, dilakukan evaluasi dan selajutnya dijabarkan dalam penyusunan program kegiatan tahun 2021. Penyusunan program kegiatan  harus menjawab masalah dari temuan hasil monitoring dan evaluasi terpadu yang dilakukan pada tahun 2020, sehingga hasilnya dapat berdampak pada kemajuan kesehatan ibu anak dan pendidikan di Sumba Barat. Kerja kolaboratif, sangat dibutuhkan untuk membantu mengisi kekosongan antara pemerintah dan mitra. Konsep perencanaan sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, konsep pembangunan dilakukan dengan cara  Holistik Integratif Tematik dan Spasial (HITS). Penanganan dapat dilakukan secara parsial, tetapi dilakukan dari hulu sampai ke hilir. Bersama mitra Stimulant Institute dan Save the Children, kita dapat menghadapi persoalan di Sumba Barat.

Dalam pertemuan ini, program coordinator Sponsorship Stimulant Institute menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tahun 2021. Kegiatan program yang dilakukan ditingkat institusi dan komunitas, untuk mendukung pencapaian peningkatan akses, kualitas, partisipasi dan kebijakan. Selanjutnya, perwakilan dinas terkait menyampaikan rencana kegiatan yang mendukung pelaksanaan program PAUD HI, antara lain; akreditasi PAUD, pelatihan kader posyandu/BKB, penilaian posyandu, sosialisasi hari pertama kehidupan (HPK), sosialisasi mekanisme penanganan kasus kekerasan terhadap anak, pembentukan desa ramah anak, pelatihan kelompok peduli anak (KPA), dan percepatan kepemilikan identitas keluarga dan anak.  Rangkaian kegiatan dari OPD terkait disinkronkan dengan kegiatan mitra- Stimulant Sumba dan Save the Children, dan dilaksanakan pada tahun 2021. (DIAZ-RED)

Bagikan Informasi Ini