SOSIALISASI PAUD HI DAN PEMBENTUKAN TAMAN PAWODDA DESA

Waikabubak, 02 Maret 2021. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat melalui Taman Pawodda Kabupaten, melakukan sosialisasi PAUD HI di desa Gaura Kecamatan Laboya Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi tentang pentingnya PAUD HI, membentuk tim PAUD HI dan menyusun rencana kerja untuk  penyelenggaraan PAUD HI di desa Gaura.

Tahun 2021, desa Gaura merupakan satu dari empat desa yang menjadi target desa PAUD HI oleh pemerintah daerah kabupaten Sumba Barat. Empat desa tersebut adalah Gaura, Weelibu, Bodo Hula dan Waimangoma.  Pada bulan Maret 2021, sesuai agenda kerja dari Taman Pawodda Kabupaten, dilakukan sosialisasi PAUD HI dan pembentukan Taman Pawodda. Output dari kegiatan terbentuknya Taman Pawodda desa dan tersedianya dokumen kerja Taman Pawodda desa.  Sosialisasi PAUD HI desa Gaura, dihadiri oleh Bappeda, bagian hukum Setda, dinas Pendidikan, dinas kesehatan, dinas social, dinas P2KB, dinas perlindungan perempuan dan anak, dinas PMD, dinas kependudukan dan catatan sipil, TP-PKK kabupaten dan Perkumpulan Stimulant Institute (PSI).

Dalam sambutanya kepala bidang pembangunan manusia dan masyarakat (PMM), Raymond L.K Dena S.STP menyampaikan bahwa sesuai arah kebijakan pembangunan PAUD HI di Sumba Barat, ada empat tujuan besar yang ingin dicapai oleh Taman Pawodda, yaitu; menghasilkan kebijakan yang mendukung PAUD HI, menyediakan layanan PAUD HI yang mudah dijangkau, melibatkan orangtua dan masyarakat dalam implementasi PAUD HI, dan menjaga kualitas layanan PAUD HI. Untuk mencapai tujuan pembangunan ini, pemerintah daerah mengandeng mitra stretegis dan mitra pelaksana untuk mendukung pelaksanaan program PAUD HI. Rujukan dari program PAUD HI adalah peraturan presiden nomor 60 tahun 2013. Program nasional ini membantu pemerintah daerah dan dinas teknis untuk melakukan kerja kolaboratif untuk mencapai tujuan bersama. Dalam penyelenggaran PAUD HI, terdapat empat layanan utama, yaitu; layanan Pendidikan, layanan pengasuhan, layanan kesehatan dan layanan perlindungan. Keempat layanan ini melekat erat pada dinas terkait. Agar program tetap berjalan, pemerintah daerah perlu bersinergi dengan mitra Stimulant Institute dan Save the Children untuk melaksanakan program, khususnya PAUD HI. Hingga saat ini, layanan PAUD HI ini telah dibentuk di 24 Desa di Kabupaten Sumba Barat. Tahun 2017 (enam desa), 2018 (enam desa) dan 2019 (10 desa) dibentuk oleh Save the Children dan Stimulant Sumba, dan tahun 2020 (dua desa) direplikasi oleh pemerintah daerah melalui Taman Pawodda.

Selanjutnya, Taman Pawodda kabupaten membantu pemerintah desa menyusun rencana aksi yang menyasar pada empat layanan PAUD HI. Rencana aksi, dibuat dengan memaksimalkan anggaran desa dan kemampuan dari pemerintah desa. Adapun rencana aksi yang disusun oleh pemerintah desa Gaura melalui Taman Pawodda, antara lain; pelatihan tendik PAUD, sosialisasi mekanisme alur penanganan kasus kekerasan terhadap anak, pelaksanaan PMT bagi bayi balita dan ibu hamil, pendampingan kader posyandu, pendampingan kelompok peduli anak (KPA) dan percepatan kepemilikan identitas keluarga dan anak.  Rencana yang dibuat oleh pemerintah desa, mendapat dukungan dari dinas teknis dan mitra pelaksana. Pada akhir tahun 2021, Taman Pawodda kabupaten, menindaklanjuti dengan melakukan monitoring terpadu untuk memastikan perkembangan PAUD HI di desa Gaura. (PSI-RED)

Bagikan Informasi Ini