Hadiri Rapat Kerja Gubernur Bersama Para Bupati/Walikota, Camat dan Kades se-NTT, Bupati Dapawole Tekankan Pentingnya Sinergitas Program di Desa

KUPANG_ Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menghadiri Rapat Kerja Gubernur bersama Bupati/Walikota, Camat dan Kepala Desa se-Provinsi Nusa Tenggara Timur bertempat di GOR Flobamora, Kupang. Kamis (24/10).

“Rapat Kerja ini sangat penting karena akan menentukan kesepakatan bersama untuk bersinergi demi mensukseskan program kerja pemerintah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari Desa. Sinergitas Program Kerja/Kegiatan di Desa akan berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan Desa tersebut. Pemanfaatan Dana Desa yang tepat tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakatnya”, kata Dapawole di sela-sela kegiatan tersebut.

Bupati Dapawole hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Imanuel M. Anie,M.Si, Pejabat yang mewakili Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sumba Barat, para Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten Sumba Barat.

Rapat Kerja dengan tema “Sinergitas dan Kolaborasi Membangun NTT dimulai dari Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan NTT bangkit Menuju Sejahtera” tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintahan yg menjadi kewenangan di daerah khususnya Provinsi NTT.

“Selain hal tersebut rapat kerja ini merupakan upaya membangun sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, menginventarisasi persoalan yg terjadi pada penyelenggaraan urusan pemerintahan umum serta mengoptimalkan fungsi dan pemanfaatan Dana Desa agar sesuai dengan sasaran”, demikian penyampaian Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Doris A. Rihi, M.Si selaku Ketua Panitia Penyelenggara.

Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, SH, M.Si dalam sambutannya menjelaskan Lima Program Prioritas Pemerintah Pusat yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala birokrasi, penyederhanaan birokrasi
serta transformasi ekonomi kepada lebih dari 2800 orang yang hadir pada kesempatan tersebut.

“Untuk mewujudkan NTT bangkit menuju sejahtera harus dimulai dari Desa dan Kelurahan. Masing-masing Desa/Kelurahan harus mampu memaksimalkan potensi yang ada di wilayah serta memanfaatkan dana yang sudah ada secara optimal sehingga dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya”, kata Laiskodat.

Selain itu Viktor memberikan kesempatan Perwakilan Kepala Desa untuk memberikan testimoni dan juga menyampaikan keluhan tentang persoalan yang terjadi di desanya. Kabupaten Sumba Barat yang diwakili oleh Kepala Desa Dokakaka, Ishak Lede menyampaikan keluhan terkait rusaknya infrastruktur jalan, belum tersedianya listrik dan masih minimnya di beberapa tempat di wilayah Sumba Barat. Setelah menerima keluhan-keluhan para Kepala Desa tersebut, Gubernur Laiskodat pun berjanji akan menindaklanjutinya.
(R2)

Siaran Pers Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *