Implementasi CHSE di Kampung Situs Praigoli

Wanukaka – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat, Charles H. Weru, S.Sos mengimplementasikan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability / CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) di Kampung Situs Praigoli, Desa Waihura Kecamatan Wanukaka. Selasa, 31 Agustus 2021.

Kegiatan sosialisasi implementasi CHSE ini merupakan proyek perubahan yang dikembangkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan didukung oleh beberapa dinas terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Dalam kata sapaannya, Charles H. Weru mengatakan bahwa proyek perubahan CHSE yang mengambil tema “New Turism Kabupaten Sumba Barat di Era Pandemik Covid-19” merupakan sebuah strategi bagaimana membangun keberlanjutan pengembangan pariwisata Kabupaten Sumba Barat di era pandemik Covid-19 dan pasca-pandemik Covid-19. “New Turism Kabupaten Sumba Barat di Era Pandemik Covid-19 adalah sebuah pilihan yang rasional dalam rangka kita mau menjamin destinasi budaya yang nyaman dan aman”, tegas beliau.

Menanggapi proyek perubahan tersebut, Camat Wanukaka, Lukas L. Pewu, SH memberikan apresiasi bahwa implementasi CHSE dapat mengubah pola pikir masyarakat dalam menciptakan kampung yang nyaman dan aman, baik di era pandemik Covid-19, maupun pasca-pandemik Covid-19. Beliau juga berharap ada dukungan dari Pemerintah Desa melalui dana desa dalam rangka melestarikan lingkungan Kampung Situs Praigoli.

Pada kegiatan tersebut, masyarakat Kampung Situs Praigoli diberikan sosialisasi tentang apa itu Corona Virus Desease 19 dan bagaimana cara menanggulanginya, baik melalui 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menjaga pola makan), maupun melalui vaksinasi, serta bagaimana menanggulangi sampah.

Implementasi CHSE di Kampung Situs Praigoli ditandai dengan deklarasi nilai-nilai budaya Warga Kampung Situs Praigoli tentang Penerapan CHSE, penandatanganan berita acara, serta penyembelihan hewan dalam rangka memohon restu para leluhur.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Waihura, Kepala Desa Parirara, Para Penjaga Situs Kampung Praigoli, dan para Tokoh Masyarakat.

=== dkips.sb ===

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *